Jurnal SOLMA
Vol. 13 No. 1 (2024)

PBL and PjBL Model Training for Muhammadiyah-Aisyiyah Teachers in Malang City

Yayuk, Erna (Unknown)
Worowirastri E., Dyah (Unknown)
Tinus, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Background: Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terutama di satuan pendidikan sekolah dasar dapat dilakukan berbagai upaya salah satunya penerapan model pembelajaran inovatif (PBL dan PjBL). Berdasarkan penelitian tentang siswa sekolah dasar masih dijumpai kemampuan siswa sekolah dasar dalam berfikir kritis dan kreatif masih kurang. Tujuan dari pelaksanaan workshop penerapan PBL dan PjBL diharapkan mampu menciptakan pembelajaran yang mampu mendorong siswa dalam berfikir kritis dan kreatif. Metode: Kegiatan ini melibatkan kerjasama dengan sekolah mitra. Terdapat 200 guru di Malang Raya yang akan menjadi peserta pelatihan. Metode pelaksanaan kegiatan ini yaitu workshop pelatihan, pendampingan dan impelementasi Pembelajaran BPL dan PjBL di kelas. Dalam pendesiminasian model pembelajaran ini, tim akan mendampingi dan melakukan observasi. Hasil: Model ini memiliki dampak signifikan pada hasil pembelajaran siswa. Kesimpulan: guru-guru dapat melaksanakan pembelajaran yang mengarah pada kontruktivitisme, membangun pengetahuan peserta didik, menumbuhkan kemandirian dan disiplin. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...