Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 7, No 2 (2023)

IMPLEMENTASI MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI DONGENG MELALUI TULISAN PADA SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kualitatif pada Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Laboratorium UPI Cibiru)

Rachmi Nursifa Yahya (Unknown)
Dede Margo Irianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2023

Abstract

 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kemampuan siswa kelas IV SD Laboratorium UPI Cibiru dalam menceritakan kembali dongeng secara tulisan. Penilaian akan mencakup berbagai aspek, antara lain pemilihan kata, isi cerita, koherensi logika, kepatuhan pada kaidah penulisan EYD, jumlah kalimat, ketepatan penggunaan huruf kapital, dan kesesuaian unsur intrinsik. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini melibatkan sampel 19 siswa kelas IV Laboratorium SD Al-Batani UPI Cibiru. Data penelitian diperoleh melalui penggunaan metodologi tes penugasan. Adapun data diperoleh dari analisis data kuantitatif dan kualitatif dimana skor rata-rata siswa dihitung, dan skor kriteria penguasaan individu dan klasikal pun dianalisis. Hasil temuan menunjukkan bahwa siswa kelas IV SD Laboratorium UPI Cibiru menunjukkan kecakapan dalam menceritakan kembali dongeng secara tertulis dengan bantuan model picture and picture. Secara spesifik, 79% siswa berhasil memiliki nilai di atas 75, dan perolehan skor ketuntasan klasikal adalah 78,95%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...