Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 8, No 1 (2024)

PENGGUNAAN RUMAH BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI NILAI TEMPAT PADA PESERTA DIDIK KELAS I SD

Jovita, Shelma Marsha (Unknown)
Yuhana, Yuyu (Unknown)
Rakhman, Patra Aghtiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Matematika di SD dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik. Rumah Bilangan merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penggunaan rumah bilangan terhadap kemampuan berhitung materi nilai tempat di SDK BPK PENABUR Kota Serang. Sampel penelitian sebanyak 60 peserta didik, dengan 30 peserta didik kelas I A dan 30 peserta didik kelas I B. Data penelitian berupa tes essai. Metode yang digunakan menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dengan kelas I A sebagai kelas eksperimen dan kelas I B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes essai sebanyak 8 soal untuk mengukur kemampuan berhitung peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peserta didik yang belajar dengan Rumah Bilangan mempunyai kemampuan berhitung lebih meningkat dari peserta didik yang tidak menggunakan rumah bilangan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...