Holistika : Jurnal Ilmiah PGSD
Vol 7, No 2 (2023)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI WAKTU KELAS III MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Aulia Salsabila (Sriwijaya University)
Siti Dewi Maharani (Sriwijaya University)
Vinencia Ika Indralin (Sriwijaya University)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Pembelajaran yang konvensional membuat peserta didik tidak bersemangat dalam belajar,terlebih lagi pada saat mempelajari matematika. Hal ini tentu berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Pada penelitian ini peserta didik kelas III.B SD Negeri 112 Palembang yang terdiri dari 25 orang belum memahami materi waktu terkhusus menentukan waktu dan menghitung lama suatu kegiatan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi waktu dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaborasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Leraning dapat menigkatkan hasil belajar peserta didik pada materi waktu. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar pra siklus dengan rata-rata 40 meningkat menjadi 70 pada siklus I dan kembali meningkat menjadi 80 pada siklus II. Serta ketuntasan pada pra siklus sebesar 36% meningkat menjadi 64% di siklus I dan meningkat kembali pada siklus II dengan ketuntasan 88%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

holistika

Publisher

Subject

Education

Description

Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas ...