Rabbayani: Jurnal Pendidikan dan Peradaban Islami
Vol. 2 No. 1 (2022)

Konsep Pendidikan Islam Menurut Imam Al-Ghazali dalam Bidayatul Hidayah dan Implementasinya diĀ  Pesantren Darul Faqih Malang

Zahrotul Muzdalifah (Unknown)
Ali Mustofa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Seiring berjalannya waktu dan kemajuan ilmu pengetahuan, pendidikan Islam saat ini dihadapkan dengan tantangan dan problematika yang akan selalu berkembang. Salah satunya adalah dekadensi moral, hingga pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam tidak hanya harus concern terhadap tujuan pembelajaran yang bersifat kognitif namun juga afektif yang berhubungan langsung dengan pembentukan karakter, dan perbaikan Akhlak peserta didik dengan pengembangan pembelajaran yang adaptif. Pendidikan Akhlak dapat dimulai dengan mengimplementasikan pelajaran yang ada misalnya di kitab Bidayatul Hidayah. Tujuan artikel ini untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut Imam al-Ghazali dalam Bidayatul Hidayah dan implementasi pembelajarannya di Pondok Pesantren Darul Faqih (PPDF) Malang. Adapun metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yang dielaborasikan dengan pendekatan library research. Temuan artikel ini yakni Imam Ghazali dalam Bidayatul Hidayah terdapat tiga pedoman Akhlak yakni: 1) Akhlak kepada Allah SWT yang berupa ketaatan dan adab dalam beribadah, 2) Akhlak pada diri sendiri yang berupa ketaatan kepada-Nya dan menjauhi maksiat serta, 3) Akhlak kepada orang lain yang berisi adab berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan implementasi pembelajaran kitab Bidayatul Hidayah di PPDF Malang yakni dengan 1) Uswah hasanah: contoh yang baik, 2) Pembiasaan atau habituasi terbimbing pada setiap kegiatan dan 3) Learning society: Pembelajaran berbasis masyarakat. Kata Kunci: Bidayatul Hidayah; Imam Ghazali; Pendidikan Akhlak; Pendidikan Islam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

rabbayani

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

RABBAYANI intends to publish a high standard of theoretical or empirical research articles within the scope of Islamic education, which include but are not limited to Tafsir Tarbawi, Hadith Tarbawi, Studies of Islamic Education, Studies of Sufism, Science of Islamic Education, Philosophy of Islamic ...