AL-KILMAH
Vol. 2 No. 1 (2023): June 2023. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora

Meningkatkan Maharatul Kalam Siswa Menggunakan Metode Gabungan (Thariqah Al-intiqa’iyyah) Pada Kelas VIII MTs. Al-Hidayah Bulango Timur

Ade Irmawati S. Abel (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Zohra Yasin (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah penerapan metode gabungan (thariqah al-intiqa’iyyah) pada kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Al-Hidayah Bulango Timur. Kemudian apakah dengan menggunakan metode gabungan (thariqah al-intiqa’iyyah) dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa dikelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Al-Hidayah Bulango Timur. Tujuan penelitian dalam penulisan skiripsi ini adalah, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode gabungan (thariqah al-intiqa’iyyah) dalam berkomunikasih menggunakan Bahasa Arab pada peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Bulango Timur. Adapun jenis penelitian yang saya gunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, tahap perencanaan, tahap kegiatan dan pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penerapan metode gabungan (Thariqah Al-intiqa’iyah) dapat meningkatkan Maharatul Al-Kalam peserta didik. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar siswa pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada soal Pre Tes adalah 47,72 kemudian setelah melakukan siklus I mendapat nilai rata-rata 61,81 dan pada siklus II adalah 76,09, kemudian pada siklus III mencapai 86,36. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan pembelajaran Bahasa Arab menggunakan metode gabungan (Thariqah Al-intiqa’iyah) bisa meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Al-Hidayah Bulango Timur pada semester genap tahun pelajaran 2015-2016.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AL-KILMAH

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AL-KILMAH Journal; published twice a year since 2022 (June and December), is a multilingual (Bahasa Indonesia, Arabic, and English). This journal is published by Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Department of Arabic Language Education, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia. Editors welcome ...