AL-KILMAH
Vol. 2 No. 1 (2023): June 2023. Al-Kilmah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Humaniora

Penggunaan Metode Qiraah Muwajjah untuk Meningkatkan Maharatul Qiraah dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa di MAN Batudaa

Milanti Tahir (IAIN Sultan Amai Gorontalo)
Hairuddin (IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Penggunaan Metode Qiraah Muwajjah Untuk Meningkatkan Maharatul Qiraah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Di MAN Batudaa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Proposal ini ditulis dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) / class room action research, yang bersifat reflektif, partispatif, dan kalaborasi, bertujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap sistem, cara kerja, proses, isi, dan kompetensi atau situasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Penerapan metode Qiraah Muwajjah menunjukan adanya peningkatan Maharatul Qiraah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X Di MAN Batudaa dengan presentase pada siklus 1 dan 2. Presentase siklus 1 pada kegiatan peserta didik yang diamati yaitu struktur pada kategori sangat baik 20% atau 4 siswa, kategori baik 30% atau 6 siswa, kategori cukup baik 45% atau 9 siswa, kategori kurang baik 5% atau 1 siswa. Kemudian presentase pada kegiatan siswa yang diamati penguasaan kosa kata pada kategori sangat baik 10% atau 2 siswa, kategori baik 45% atau 9 siswa, kategori cukup baik 40% atau 8 siswa, kategori kurang baik 5% atau 1 siswa. Kemudian presentase yang diamati pada kegiatan siswa yaitu pemahaman teks kategori sangat baik 20% atau 4 siswa, kategori baik 50% atau 10 siswa, kategori cukup baik 30% atau 6 siswa. Kemudian presentase yang diamati pada kegiatan siswa yaitu analisis kategori sangat baik 20% atau 2 siswa, kategori baik 35% atau 7 siswa, kategori cukup baik 35% atau 7 siswa, kategori kurang baik 20% atau 4 siswa.kemudian presentase pada kegiatan siswa yang diamati yaitu membaca kategori sangat baik 25% atau 3 siswa, kategori baik 50% atau 5 siswa, kategori cukup baik 20% atau 4 siswa, kategori kurang baik 15% atau 4 siswa. Presentase siklu II pada kegiatan peserta didik yang diamati yaitu struktur pada kategori sangat baik 30% atau 6 siswa, kategori baik 35% atau7 siswa, kategori cukup baik 35% atau 7 siswa. Presentase pada kegiatan siswa yang diamati yaitu penguasaan kosa kata kategori sangat baik 35% atau 7 siswa, kategori baik 45% atau 9 siswa, kategori cukup baik 20% atau 4 siswa. Presentase pada kegiatan siswa yang diamati pemahaman teks kategori sangat baik 50% atau 10 siswa, kategori baik 35% atau 7 siswa, kategori cukup baik 10% atau 2 siswa, kategori kurang baik 5% atau 1 siswa. Presentase pada kegiatan siswa yang diamati yaitu analisis teks kategori sangat baik 35% atau 7 siswa, kategori baik 50% atau 10 siswa, kategori cukup baik 15% atau 3 siswa. Presentase pada kegiatan siswa yang diamati membaca teks kategori sangat baik 50% atau 10 siswa, kategori baik 30% atau 6 siswa, kategori cukup baik 20% atau 4 siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

AL-KILMAH

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

AL-KILMAH Journal; published twice a year since 2022 (June and December), is a multilingual (Bahasa Indonesia, Arabic, and English). This journal is published by Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Department of Arabic Language Education, IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia. Editors welcome ...