Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri mahasiswa terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui pengaruh kecemasan belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar dan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dan kecemasan mahasiswa secara bersama sama terhadap prestasi belajar pada mata kuliah aljabar linear dan matriks. Metode yang digunakan adalah dengan metode ex post facto dengan teknik korelasional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah systematic random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 4 kelas dari mahasiswa kelas reguler semester 4 yang berjumlah 130 mahasiswa. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi adalah Y = 24,12 + 0,408 X1 + 0,079 X2 + e. kepercayaan diri dan kecemasan bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar kepercayaan diri terhadap tes prestasi belajar kepercayaan diri dan kecemasan memiliki proporsi pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 28,3%. Nilai prob t hitung kecemasan sebesar 0,001 < 0,05 sehingga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Selanjutnya, pengaruh kepercayaan diri terhadap prestasi belajar, karena nilai prob. t hitung 0,384 > 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa kepercayaan diri tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dapat disimpulkan bahwa kepercayaan diri dan kecemasan bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar kepercayaan diri terhadap tes prestasi, kecemasan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akan tetapi kepercayaan diri tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar.
Copyrights © 2024