Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Yayasan Darul Hikam dalam meningkatkan kepuasan kerja guru melalui penerapan program Taqwa Character Building. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologis, penelitian ini berupaya memahami pengalaman subjektif guru terkait kepuasan kerja dan implementasi nilai-nilai taqwa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, melibatkan guru-guru yang dipilih secara purposive berdasarkan pengalaman mengajar dan keterlibatan dalam program character building. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan Darul Hikam memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan kepuasan kerja guru melalui penerapan nilai-nilai taqwa seperti ikhlas, sabar, amanah, disiplin, peduli, cerdas, dan ihsan. Program-program yayasan tidak hanya membentuk karakter para guru tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang lebih harmonis dan memuaskan, yang pada akhirnya meningkatkan motivasi, dedikasi, dan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menyarankan bahwa pendekatan character building yang diterapkan oleh Yayasan Darul Hikam dapat menjadi model inspiratif bagi institusi pendidikan lainnya.
Copyrights © 2024