cover
Contact Name
Avid Leonardo Sari
Contact Email
avid.leonardo@gmail.com
Phone
+6281221512892
Journal Mail Official
abdimas.peradaban@gmail.com
Editorial Address
Jl. Tamansari Manglayang Regency No.9, Cimekar, Cileunyi, Bandung, Jawa Barat 40623
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Abdimas Peradaban
ISSN : -     EISSN : 28281446     DOI : https://doi.org/10.54783/ap
Core Subject : Social,
Jurnal Abdimas Peradaban (JAP) diterbitkan oleh Lembaga Pendampingan dan Konsultasi Karya Ilmiah GoAcademica Research & Publishing adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas abdimas peradaban dan penelitian terapan lainnya. Artikel-artikel yang dipublikasikan di JAP GoAcademica CRP meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli, artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru, atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada dimuat di JAP GoAcademica CRP maupun dalam terbitan berkala ilmiah lainnya. JAP menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang riset terapan dan hilirisasi hasil penelitian ilmiah kuantitatif maupun kualitatif berbasis komunitas kedalam format Abdimas Peradaban yang mencakup bidang keilmuan yang relevan dari berbagai disiplin ilmu.
Articles 52 Documents
Relevansi Nilai-Nilai Filsafat Hukum Dalam Era Digital dan Tantangan Regulasi Baru Maulidina, Ahmad Nuvi; Sutan, Marah; Mahanani, Sri; Aji, Tito Binartyo Windu
Jurnal Abdimas Peradaban Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Abdimas Peradaban
Publisher : Global Writing Academica Researching and Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/a6he8k09

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah berbagai aspek kehidupan sosial dan hukum secara fundamental, sehingga menimbulkan tantangan baru dalam pembentukan regulasi yang relevan dan efektif. Di era digital, terdapat perubahan signifikan dalam relasi hukum, otoritas, dan ruang publik yang menuntut pendekatan hukum yang adaptif dan berkeadilan. Namun, ketidaksesuaian antara kecepatan inovasi teknologi dan proses legislasi serta krisis etika dalam pengambilan keputusan memperkuat kebutuhan akan landasan filsafat hukum yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi nilai-nilai filsafat hukum dalam menghadapi era digital serta tantangan dalam merumuskan regulasi baru yang inklusif dan berorientasi keadilan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis data kepustakaan yang diperoleh dari berbagai sumber tertulis. Data dianalisis secara verbal dan deskriptif untuk menghasilkan pemahaman mendalam terkait tema penelitian tanpa menggunakan statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai filsafat hukum sangat penting sebagai landasan dalam pembentukan regulasi digital yang mampu menjawab kompleksitas teknologi dan tantangan etika. Regulasi yang inklusif harus mengintegrasikan partisipasi publik serta menyeimbangkan inovasi dengan perlindungan hak dasar warga negara. Dengan demikian, regulasi berbasis nilai filsafat hukum dapat menjaga supremasi hukum dan menciptakan tata kelola digital yang berkeadilan, beretika, dan berkelanjutan. 
Kebijakan Vaksin Halal di Indonesia: Analisis Regulasi dan Respons Publik Astiwara, Endy Muhammad
Jurnal Abdimas Peradaban Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Abdimas Peradaban
Publisher : Global Writing Academica Researching and Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/4h1z1y94

Abstract

Isu kehalalan vaksin menjadi perhatian penting di negara mayoritas Muslim seperti Indonesia, terutama dalam konteks kebijakan kesehatan publik. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan vaksin halal di Indonesia dari sisi regulasi dan respons publik, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi lapangan, dan studi dokumen resmi, kemudian dianalisis menggunakan teknik tematik dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun Indonesia telah memiliki kerangka hukum yang jelas, pelaksanaan kebijakan vaksin halal masih menghadapi tantangan koordinasi antar lembaga serta keterbatasan strategi komunikasi publik. Masyarakat menunjukkan beragam respons, yang dipengaruhi oleh akses informasi, media sosial, dan otoritas keagamaan lokal. Studi ini juga membandingkan praktik Indonesia dengan negara mayoritas Muslim lainnya seperti Malaysia dan Arab Saudi untuk menggali pelajaran kebijakan yang relevan. Kesimpulannya, keberhasilan vaksin halal di Indonesia membutuhkan pendekatan kolaboratif, responsif, dan partisipatif dalam eksekusi kebijakan dan strategi komunikasi. 
Pelatihan Pengembangan Konsep Diri dan Citra Diri Lansia di Sekolah Lansia Purabaya, Karangalit, Salatiga, Jawa Tengah Suwartiningsih, Sri; Rayanti, Rosiana Eva; Sampoerno; Sari, Fransiska Faberta Kencana; Nugraheni, Istananda Tirtaning; Sugiarto, Marchus; Raditya, Arya
Jurnal Abdimas Peradaban Vol. 6 No. 1 (2025): Jurnal Abdimas Peradaban
Publisher : Global Writing Academica Researching and Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/hye62w41

Abstract

Sekolah Lansia Purbaya didirikan sejak tahun 2022 dengan murid yang memiliki usia 60 tahun ke atas. Sekolah ini diinisiasi oleh BKKBN, DP3APPKB dan DKK dengan kurikulum pemberdayaan usia lanjut dari berbagai aspek pengetahuan dan ketrampilan, meliputi: pendidikan karakter, psikologi, kesehatan, spiritualitas, pertanian, sosial, seni, penampilan, dll. Sekolah lansia Purbaya memiliki 40 siswa dan kegiatan dilakukan minggu ke 2 setiap bulannya dengan berganti-ganti guru atau fasilitator sesuai dengan kurikulum yang sudah dibuat. Kegiatan pengabdian ini melakukan pelatihan tentang konsep diri dan citra diri lansia yang dilakukan pada bulan Juni, Agustus, dan September 2024. Para siswa lansia sangat antusias mengikutinya karena kegiatan pelatihan dilakukan dengan menggunakan bervariasi metode yaitu bermain, bernyanyi. Kuis, tanya jawab dan penjelasan dengan media dan poster serta dengan pendekatan permen (permainan edukatif). Para siswa lansia di sekolah lansia memiliki konsep diri bahwa diusia lanjut harus terus beraktitifas dan berporoduksi sesuai potensi dan minat masing-masing, menjaga kesehatan dengan rutin mengikuti posyandu lansia serta ikut di sekolah lansia. Citra diri lansia di sekolah lansia Purbaya yaitu mandiri, teladan, sumeleh, bahagia. Para siswa lansia mengharapkan kegiatan pelatihan tetap dilanjutkan untuk tahun yang akan datang, mereka mengatakan sangat senang dan menjadi lebih menguatkan serta memotivasi untuk menjadi lansia yang tangguh dan mandiri. Siswa dapat menerima metode pembelajaran yang berbeda sehingga mereka ingin diadakan lagi pelatihan. Adanya produksi video selama proses pelatihan dan dalam proses pengurusan hak cipta. Pengabdian ini juga menghasilkan modul pelatihan bagi lansia khususnya tentang konsep diri dan citra diri lansia.
Pembuatan Hand Sanitizer Berbahan Rumput Laut Kappaphycus Alvarezii pada Ohoi Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara Irmawati, Yuni; Sudirjo, Fien; Rahalus, Katarina D.
Jurnal Abdimas Peradaban Vol. 5 No. 2 (2024): Jurnal Abdimas Peradaban
Publisher : Global Writing Academica Researching and Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/hh5tnr72

Abstract

Pemanfaatan rumput laut oleh masyarakat di Kabupaten Maluku Tenggara belum optimal, masih terbatas pada penjualan dalam produk mentah sebagai bibit, produk kering, diversifikasi produk olahan makanan dan minuman, dan itu pun belum beragam.  Pada kenyataannya rumput laut memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi berbagai macam produk bernilai tinggi untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, salah satunya adalah produk hand sanitizer berbahan rumput laut karena ramah lingkungan, aman digunakan, juga memiliki kandungan senyawa aktif yang bersifat antioksidan, antibakteri dan karaginan yang berperan sebagai pengental, penstabil, dan menjaga kelembaban kulit.  Pelaksanaan kegiatan ini dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan masyarakat akan hand sanitizer berbahan rumput laut.  Hasil kegiatan ini mendapatkan respon positif dari peserta dan pelaksana diminta kerap melaksanakan kegiatan serupa sehingga dapat memanfaatkan sumber daya alam lokal yang dapat dikembangkan menjadi berbagai produk bernilai tambah.
Mencegah Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD): Edukasi Kesehatan Reproduksi pada Remaja Rukmasari, Ema Arum
Jurnal Abdimas Peradaban Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Abdimas Peradaban
Publisher : Global Writing Academica Researching and Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/7q2q6k34

Abstract

Kehamilan yang tidak diinginkan pada remaja merupakan salah satu dampak dari perilaku seks bebas. Kehamilan remaja merupakan salah satu fenomena sosial yang belakangan ini semakin meningkat terjadi di lingkungan masyarakat. Faktor utama yang menyebabkan KTD adalah gaya hidup remaja yang semakin bebas. Gaya hidup remaja yang bebas ini menimbulkan banyak remaja terlibat dalam hubungan seks pranikah. Kehamilan yang tidak diinginkan pada usia remaja bukan hanya merupakan masalah biologis, tetapi juga merupakan isu sosial, ekonomi, dan kesehatan yang kompleks. Kondisi ini dapat berdampak negatif terhadap kesejahteraan fisik, mental, dan sosial remaja serta dapat memengaruhi masa depan mereka secara keseluruhan. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kehamilan tidak diinginkan pada remaja antara lain kurangnya pengetahuan tentang Kesehatan reproduksi. Pendidikan Kesehatan dalam bentuk webinar ini bertujuan meningkatkan pengetahuan remaja tentang kehamilan tidak diinginkan. Peserta webinar adalah para remaja di seluruh wilayah Indonesia. Setelah diberikan Pendidikan Kesehatan, terdapat peningkatan pengetahuan remaja tentang kehamilan tidak diharapkan.
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembentukan Karakter SDM Milenial Yang Unggul di SMKN 6 Kota Tangerang Selatan Utami, Pri
Jurnal Abdimas Peradaban Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Abdimas Peradaban
Publisher : Global Writing Academica Researching and Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/r6hbtr97

Abstract

Pancasila adalah cerminan diri bangsa sehingga sudah sepatutnya warga Indonesia menerapkan nilai Pancasila dalam kehidupan, salah satu jalan utamanya yakni melalui dunia pendidikan. Namun realita yang terjadi saat ini, bangsa Indonesia mengalami krisis akhlak akibat minimnya cara berpikir yang cerdas, salah satunya di lingkungan sekolah. Permasalahan yang seringkali terjadi di lingkungan sekolah seperti perlakuan kekerasan antara siswa dengan siswa lain (bullying), bolos sekolah, adanya pergaulan bebas, ketidakjujuran yang membudaya, menurunnya rasa hormat kepada orang tua, guru dan hal lainnya. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam menganalisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif dengan metode kepustakaan/library research yaitu pengumpulan data penelitian mengenai teori-teori yang berkaitan dengan masalah yang dibahas di dalam penelitian ini, sumber data. Pelaksanaan kegiatan pegabdian kepada masyarakat ini dikemas dalam bentuk Pelatihan dalam Impelementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembentukan Karakter SDM Milenial Yang Unggul. Ciri utama pendidikan karakter bangsa yang berlandaskan Pancasila ini adalah pendidikan berbasis karakter dan moral yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Pemerintah harus lebih memaksimalkan kembali pendidikan karakter bangsa yang berlandaskan Pancasila disetiap sekolah sejak sekolah dasar, sekolah menengah, dan bahkan perguruan tinggi.
Pelatihan dan Penerapan Akuntansi Berbasis Web di Yayasan Visi Maha Karya Ciputat Taufiqurrachman
Jurnal Abdimas Peradaban Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Abdimas Peradaban
Publisher : Global Writing Academica Researching and Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/mh6xg695

Abstract

Tujuan utama dari pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan akuntansi dan pelaporan keuangan untuk organisasi nirlaba kepada Yayasan Visi Maha Karya Ciputat melalui pendekatan inovatif berbasis web ISAK 35. Permasalahan yang dihadapi Yayasan Visi Maha Karya, sebagai lembaga nirlaba meskipun sejarah pendiriannya panjang, namun belum adanya laporan keuangan yang disusun sesuai standar akuntansi yang ditetapkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Pemahaman yang jelas dalam manajemen yayasan tentang harapan pelaporan keuangan berdasarkan standar tertentu melalui ISAK 35 perlu dikomunikasikan melalui pelatihan komunikasi internal/eksternal yang akan membantu memperkuat kekuatan organisasi dan memastikan kemudahan penyusunan laporan berbasis web yang berfokus pada aplikasi terkini terkait dengan ISAK 35. Proses kegiatan pelatihan dan sosialisasi dilakukan melalui tatap muka. Pelatihan ini mencakup tahap pra-tes untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta. Pemaparan materi pelatihan dilanjutkan dengan diskusi di mana peserta pelatihan dapat mengajukan pertanyaan untuk dipelajari. Hasil dari pre-test menunjukkan bahwa meskipun pengurus yayasan memahami konsep-konsep pelaporan keuangan sederhana, namun mereka belum memahami ISAK 35. Oleh karena itu, pelatihan difokuskan pada penjabaran      laporan keuangan dengan mengacu pada ISAK 35, yang kemudian dilanjutkan dengan pelatihan sosialisasi laporan keuangan berbasis web. Di sini, para pemangku kepentingan mendapat pencerahan tentang bagaimana transaksi harus dicatat menggunakan sistem akuntansi berbasis web sesuai ISAK 35. Selanjutnya disepakati bahwa dukungan akan diperluas melalui pemantauan dan evaluasi penerapan ISAK 35 di Yayasan Visi Maha Karya.
Peran Yayasan Darul Hikam Dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru Melalui Taqwa Character Building Sidik, Dikdik Firman; Hidayat, Wahyu
Jurnal Abdimas Peradaban Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Abdimas Peradaban
Publisher : Global Writing Academica Researching and Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/a0r3vh71

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Yayasan Darul Hikam dalam meningkatkan kepuasan kerja guru melalui penerapan program Taqwa Character Building. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode fenomenologis, penelitian ini berupaya memahami pengalaman subjektif guru terkait kepuasan kerja dan implementasi nilai-nilai taqwa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, melibatkan guru-guru yang dipilih secara purposive berdasarkan pengalaman mengajar dan keterlibatan dalam program character building. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Yayasan Darul Hikam memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan kepuasan kerja guru melalui penerapan nilai-nilai taqwa seperti ikhlas, sabar, amanah, disiplin, peduli, cerdas, dan ihsan. Program-program yayasan tidak hanya membentuk karakter para guru tetapi juga menciptakan lingkungan kerja yang lebih harmonis dan memuaskan, yang pada akhirnya meningkatkan motivasi, dedikasi, dan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menyarankan bahwa pendekatan character building yang diterapkan oleh Yayasan Darul Hikam dapat menjadi model inspiratif bagi institusi pendidikan lainnya.
Media Promosi Kesehatan Berbahasa Daerah dalam Upaya Penanganan Stunting di Kota Kupang Liliweri, Aloysius; Mandaru, Silvania S. E.; Seran, Herman Elfridus; Sanga, Abner P. R.
Jurnal Abdimas Peradaban Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Abdimas Peradaban
Publisher : Global Writing Academica Researching and Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/ywgre644

Abstract

Penanganan stunting merupakan program yang harus menjadi perhatian banyak pihak, termasuk dari lembaga pendidikan. Peran Lembaga Pendidikan dalam program penanganan stunting adalah membantu pemerintah dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang stunting yang dirancang melalui beragam kegiatan. Salah satu metode edukasi yang dibuat oleh Lembaga perguruan tinggi dalam hal ini Universitas Nusa Cendana adalah melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan PKM Media Promosi Kesehatan Berbahasa Daerah Terkait Stunting di Kota Kupang telah dilaksanakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi bertempat di lokasi Car Free Day, Jl. Eltari, Kota Kupang yang dihadiri oleh masyarakat Kota Kupang yang hadir dalam ajang Car Free Day. Kegiatan ini melibatkan Mitra dari Puskesmas Oebobo yang berperan sebagai konsultan gizi bagi orang tua yang hadir dalam kegiatan ini. Berdasarkan beberapa rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, kegiatan pengabdian ini telah memberikan dampak bagi Mitra maupun masyarakat tentang penanganan stunting. Dampak bagi mitra dapat diketahui melalui adanya tambahan pengetahuan terkait bentuk media promosi yang harus digunakan serta perencanaan pesan berbahasa daerah sehingga pesan promosi kesehatan dapat dipahami oleh masyarakat. Sedangkan dampak bagi masyarakat dapat dilihat dari adanya perubahan pola pikir dalam bentuk perubahan pemahaman dan pengetahuan tentang stunting serta sikap untuk memperhatikan asupan gizi anak. Selain memberi dampak atau impak bagi masyarakat, kegiatan PKM ini juga memiliki luaran kegiatan yakni publikasi kegiatan pada media massa lokal Pos Kupang dan publikasi pada Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 
Blockchain and AI Innovations: Driving Sustainability in Modern Educational Frameworks Narender, Pramod Rahate
Jurnal Abdimas Peradaban Vol. 5 No. 1 (2024): Jurnal Abdimas Peradaban
Publisher : Global Writing Academica Researching and Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54783/bq8ys682

Abstract

The integration of Blockchain and Artificial Intelligence (AI) technologies is revolutionizing modern educational frameworks, offering innovative solutions that enhance sustainability. This paper explores how Blockchain and AI can drive sustainable practices within education by improving transparency, security, and efficiency in administrative processes, content delivery, and student assessment. Blockchain's decentralized nature ensures the secure storage and verification of academic credentials, reducing fraud and enabling lifelong learning pathways. AI, on the other hand, facilitates personalized learning experiences, optimizing resource allocation and minimizing waste. By analyzing case studies and current implementations of these technologies, this study highlights their potential to create more resilient and adaptable educational systems. The findings suggest that the strategic adoption of Blockchain and AI can significantly contribute to achieving sustainability goals in education, fostering an environment where innovation supports long-term educational development. Recommendations are provided for policymakers and educators to harness these technologies effectively, ensuring that modern education evolves in a sustainable and inclusive manner.