Indonesian Science Education Journal (ISEJ)
Vol. 1 No. 1 (2020): Januari 2020

Difficulty Of Student Learning In Physics Lessons At The Middle School Of State 14 Bengkulu City

Doti Aryani (Unknown)
Penggi Rangga Nata (Unknown)
Reza Nofrianto (Unknown)
Redo Akbar (Unknown)
Ahmad Walid (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa siswa di SMPN 14 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap pada tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen kuesioner yang kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan persentase skor rata-rata sebesar 70,15 yang termasuk ke dalam kategori sedang. Sedangkan rata-rata untuk tiap indikator yang teridentifikasi menyebabkan kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran fisika diantaranya faktor fisiologis (jasmani/panca indera) sebesar 74,5% (Kategori tinggi), psikologi 69,78% (Kategori sedang), aspek sosial 68% (Kategori sedang), sarana dan prasarana 58,75% (Kategori sedang), metode belajar 77% (Kategori tinggi), dan guru sebesar 77,17% (Kategori tinggi).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

isej

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

ISEJ : Indonesian Science Education Journal ISEJ : Indonesian Science Education Journal is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies and prioritized result of the study and review of the literature in ...