Indonesian Science Education Journal (ISEJ)
Vol. 3 No. 1 (2022): Januari 2022

Pengaruh Model Pembelajaran MURDER Terhadap Hasil Belajar Fisika Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa Di SMA Bogor

Dewy Rahma Gita (Universitas Indraprasta PGRI Jakarta)
Ervin Virnando (Universitas Indraprasta PGRI)
Febi Rizki Anisah (Universitas Indraprasta PGRI)
Nuku Hiva Hariyanto (Universitas Indraprasta PGRI)
Dasmo Dasmo (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran murder ter- hadap hasil belajar fisika selama pembelajaran daring pada siswa di SMA Hanura Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode murder. Dalam penelitian ini digunakan pretes-posstest agar dapat diketahui pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Hanura Bogor yang berjumlah 33 orang. Dalam penelitian ini ada beberapa per- siapan yang terbagi menjadi tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan tahapan analisis. teknik pengumpulan data menggunakan tes bentuk pilihan ganda dan essay. Tujuan tes adalah untuk mengetahui kemampuan pema- haman konsep siswa setelah diberikan metode pembelajaran murder. Maka dari hasil penelitian dapat disimpul- kan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran murder terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa di kelas X IPA di SMA Hanura Bogor.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

isej

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

ISEJ : Indonesian Science Education Journal ISEJ : Indonesian Science Education Journal is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies and prioritized result of the study and review of the literature in ...