Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran murder ter- hadap hasil belajar fisika selama pembelajaran daring pada siswa di SMA Hanura Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode murder. Dalam penelitian ini digunakan pretes-posstest agar dapat diketahui pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Hanura Bogor yang berjumlah 33 orang. Dalam penelitian ini ada beberapa per- siapan yang terbagi menjadi tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan tahapan analisis. teknik pengumpulan data menggunakan tes bentuk pilihan ganda dan essay. Tujuan tes adalah untuk mengetahui kemampuan pema- haman konsep siswa setelah diberikan metode pembelajaran murder. Maka dari hasil penelitian dapat disimpul- kan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran murder terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa di kelas X IPA di SMA Hanura Bogor.
Copyrights © 2022