Indonesian Science Education Journal (ISEJ)
Vol. 3 No. 3 (2022): September 2022

Implementasi Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dan Keterampilan Kolaborasi Siswa

Ria Carta Sasmita (SD Negeri 47 Lebong)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan merupakan modal dasar bagi siswa agar dapat mencapai kompetensi pembelajaran yang diharapakan keberhasilan dalam prosesIpembelajaran iniIakan sangatIberpengaruhIterhadapIkeaktifanIbelajarIsiswa disekolah. AgarIproses IbelajarImengajar ImenjadiIefektifIdanIkondusifI diperlukanImetode-metode pembelajaranIyangIdapat mengaktifkanI siswaIdiIdalamIkelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerapan model pembelajaran aktif tipe index card match pada mata pelajaran Pendidkan Agama Islam dikelas IV SD Negeri 47 Lebong. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 47 Lebong. AnalisisIdata IdilakukanImenggunakanIteknik IanalisisIsecaraI deskriptifIkualitatif. Berdasarkan hasil penelitian terkait implementasi model pembelajaran aktif tipe index card match dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 47 Lebong menunjukkan bahwa : (1) Penggunaan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan keterampilan kolaborasi siswa dalam bekerjasama. (2) Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari ketuntasan hasil belajar kognitif siswa dengan ketuntasan KKM ≥80, siswa yang tuntas sebesar 90%. Hasil ini telah melampaui target indikator keberhasilan 80%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

isej

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

ISEJ : Indonesian Science Education Journal ISEJ : Indonesian Science Education Journal is a medium of communication used by researchers, lecturers, teachers, practitioners, and University student for submitting result of studies and prioritized result of the study and review of the literature in ...