Siswa dalam lingkungan pendidikan saat ini harus mampu berpikir kritis. Keterampilan ini memungkinkan Anda menilai konten secara kritis dan mencapai kesimpulan yang cepat dan mendidik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan HOTS dalam pembelajaran di kelas mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA mengenai sistem ekskresi. Penelitian ini mengambil pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode eksperimen semu. Dalam penelitian ini dikembangkan eksperimen semu dengan kelompok kontrol yang tidak dapat dibandingkan sebelum dan sesudah pengujian. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas XI sebagai sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok kontrol mempunyai skor rata-rata 52,26, sedangkan kelompok eksperimen mempunyai skor rata-rata 53,86 dan 84,23. Tingkat signifikansi dua sisi untuk uji-t sampel independen adalah 0,000, lebih kecil dari ambang batas 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya pembelajaran diskusi kelas berbasis HOTS mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI SMA pada sistem ekskresi.
Copyrights © 2024