Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media kartu domino dalam pembelajaran mufradāt (kosakata) bahasa Arab santri di DTA Nurun Ni'mah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan melibatkan 18 santri sebagai subjek penelitian. Media kartu domino yang digunakan berisi gambar dan tulisan Arab, yang didesain untuk membantu santri dalam mengingat dan memahami kosakata secara visual dan interaktif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode TGT berbantuan kartu domino mampu meningkatkan minat, antusiasme, dan kemampuan mufradāt  siswa secara signifikan yang diketahui dari nilai lembar observasi senilai 88%. Selain itu, pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif serta mendorong kerja sama dalam kelompok. Temuan ini menegaskan bahwa variasi metode pembelajaran dengan media yang menarik dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, serta memperkuat aspek sosial seperti kerja sama dan pemecahan masalah di antara siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab melalui pendekatan yang inovatif dan efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024