Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian yaitu deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan literasi membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas II SDN Rada. (2) Untuk mengetahui apa saja indikator dalam meningkatkan literasi membaca siswa kelas II di SDN Rada. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di SDN Rada dengan jumlah siswa 27 orang yang terdiri dari 20 orang siswa dan 7 orang siswi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder berupa keadaan guru, keadaan siswa, sarana dan prasarana dan dokumen lain yang dibutuhkan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data, peneliti menggunakan menggunakan analisis deskriptif analitik yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menginterpretasikan bagaimana dengan peran kegiatan literasi dalam peningkatan minat baca siswa di SDN Rada. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II di SDN Rada yang berbeda-beda. Dilihat dari hasil penelitian 27 siswa, 6 siswa membaca lancar, 8 siswa membaca terbata-bata, 5 siswa mengeja dan 9 siswa belum bisa membaca. Faktor penghambat dalam kemampuan literasi membaca dapat berupa penggunaan kosa kata yang tidak sesuai dengan tingkat pemahaman siswa, gangguan konsentrasi serta rendahnya minat siswa dalam membaca dan mendengarkan sehingga siswa mengalami kesulitan dalam literasi membaca. Upaya untuk mengatasi kemampuan literasi membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II dengan cara membuat suasana yang menyenangkan dan interaktif selama proses KBM berlangsung, menggunakan berbagai teknik seperti bercerita dengan intonasi yang menarik dan dengan suara yang jelas, mengajukan pertanyaan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa dan memberikan umpan balik yang kontruktif kepada siswa untuk meningkatkan minat dan pemahaman mereka.
Copyrights © 2024