Abstrak Guru adalah seseorang yang penting melalui perannya untuk menciptakan dan membentuk sikap serta mencerdaskan siswa melalui ilmu pengetahuan. Guru PPKn merupakan pendidik dan inspirator di lingkungan sekolah yang bertujuan menjadikan siswa kreatif, inovatif dan terampil. Namun tidak hanya itu guru PPKn mempunyai peran penting untuk mencegah terjadinya hal yang menyimpang termasuk tindakan perilaku bullying pada siswa di lingkungan sekolah. Hal tersebut dikarenakan perilaku bullying sering terjadi terhadap siswa di lingkungan sekolah, banyak siswa menjadi korban bullying. Begitupun berdasarkan fakta yang ada saat ini pada kenyatannya masih banyak siswa yang melakukan perundungan atau kekerasan di lingkungan sekolah, baik itu bullying fisik maupun verbal. Oleh karena itu tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru PPKn dalam mencegah perilaku bullying di SMA Negeri 1 Ciranjang. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menjelaskan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat yaitu peran guru PPKn dalam mencegah perilaku bullying. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah mengumpulkan data angket, wawancara dan studi dokumentasi. Sampel penelitian ditarik dari kelas XI SMA Negeri 1 Ciranjang sebanyak 25% dari jumlah populasi. Maka dari itu 25%dari jumlah populasi 180 populasi dapat diambil 45 siswa. Kesimpulan dalam peneltian ini bahwa Guru PPKn di SMAN 1 Ciranjang telah melaksanakan perannya yang baik sebagai pendidik dan inspirator kepada peserta didik, hal tersebut dapat terlihat sebagai bentuk edukasi kepada peserta didik dalam memberikan penjelasan untuk mencegah perilaku bullying. Kata kunci: Guru PPKn, Perilaku Bullying
Copyrights © 2023