Dharma Pendidikan
Vol 12 No 1 (2017): Dharma Pendidikan

Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dengan Metode Kooperatif Model Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Kognitif Mahasiswa

Yulia Dewi Puspitasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) aktivitas belajar mahasiswa pendidikan IPA Semester 2 Tahun Akademik 2016/2017. (2) kemampuan kognitif mahasiswa pendidikan IPA Semester 2 Tahun Akademik 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kurt Lewin dan model Kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali tahap persiapan kemudian dilanjutkan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa pendidikan IPA sebanyak 10 mahasiswa dengan penelitian dikhususkan pada mata kuliah fisika dasar 2. Data diperoleh melalui pengamatan, Kuis, kuesioner dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan CTL dengan metode pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika dasar. (2) Penerapan CTL dengan metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa pada mata kuliah fisika dasar 2 program studi pendidikan IPA STKIP PGRI Nganjuk Tahun Akademik 2016/2017. Ketuntasan belajar siswa dapat mencapai 33,33% pada siklus I dan 73,33% pada siklus II dari Standar Ketuntasan Minimum sebesar 57.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jdp

Publisher

Subject

Education

Description

Dharma Pendidikan is a journal contains publications from researches and scientific studies. The publications intended to contribute understanding and developing scientific theories and concepts, education and their application in ...