Dharma Pendidikan
Vol 14 No 1 (2019): Dharma Pendidikan

Efektivitas Penggunaan Media Jari Tangan Untuk Meningkatkan Pemahaman Mekanisme Debet Kredit Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Pada Kelas X.111.2 SMK PGRI 2 Nganjuk Tahun Ajaran 2018/2019

Siti Nurul Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan pembelajaran terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan mampu memaksimalkan daya serap peserta didik terhadap materi pelajaran tersebut. Akan tetapi seorang guru juga harus mampu memilih media yang efektif. Demikian halnya dengan penggunaan media pembelajaran dalam mata pelajaran Akuntansi Dasar khususnya materi mekanisme debet kredit ( aturan debet kredit ). Hal ini karena materi tersebut mempunyai peranan yang sangat penting dalam penanaman konsep dasar akuntansi dalam menyelesaikan siklus akuntansi, yaitu sebagai prasyarat dalam kegiatan pencatatan dokumen transaksi kedalam jurnal dan pemindahbukuan dari jurnal ke buku besar ( posting ), sehingga siswa harus benar-benar menguasainya. Oleh karena itu penulis mencoba untuk menggunakan media yang sederhana, efektif dan melekat pada diri siswa yang berupa jari tangan untuk memudahkan siswa dalam penanaman konsep mekanisme debet kredit.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jdp

Publisher

Subject

Education

Description

Dharma Pendidikan is a journal contains publications from researches and scientific studies. The publications intended to contribute understanding and developing scientific theories and concepts, education and their application in ...