Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 2 No 2 (2023): Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Implementasi Pemberian Reward Melalui Penggunaan Tabungan Bintang Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini 4-5 Tahun Di Ra Al-Ghazali

Aja Raihand Sofia (Unknown)
Muhammad Basri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Yang dimaksud dengan mandiri adalah sikap dan perilaku tanpa bantuan orang lain. Reward merupakan penghargaan yang bermanfaat bagi siswa, dan penghargaan tersebut diberikan kepada anak yang mampu menyelesaikan sesuatu dimana anak tersebut mampu mencapai target yang telah diberikan. Tujuan penelitian ini antara lain: untuk mengetahui bagaimana sikap belajar anak usia 4-5 tahun di RA Al-Ghazali, mendeskripsikan implementasi reward tabungan bintang dalam membentuk kemandirian anak usia 4-5 tahun di RA Al-Ghazali , dan mendeskripsikan hasil yang dicapai setelah pemberian reward melalui penggunaan bintang tabungan pada anak usia 4-5 tahun di RA Al-Ghazali. Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif dan pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor seluruh anak adalah 4,72 yang berarti kemandirian anak menunjukkan perubahan yang cukup efektif dan signifikan. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan reward melalui penggunaan bintang penyelamat dapat membentuk kemandirian anak usia 4-5 tahun di RA Al-Ghazali. Kata Kunci : kemandirian, reward (penghargaan), bintang tabungan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

anakta_piaud

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam naungan prodi PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) pada Institut Agama Islam Negeri Parepare (IAIN PAREPARE) terbentuk pada tahun 2022 dengan konsentrasi pada pendidikan anak usia dini. Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini menerbitkan ...