Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 3 No 1 (2024): Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Meningkatkan Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun

Fadila, Kirani Agustin Fadilasari (Unknown)
Pasiningsih (Unknown)
Ihsan (Unknown)
Nadia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Kurangnya kreativitas anak yang ditandai dengan sikap anak yang cenderung meniru gambar yang diberikan oleh guru serta sikap anak yang hanya diam saat diberikan pertanyaan dapat berdampak pada perkembangan kreativitas anak. Oleh karena itu, kreativitas anak perlu dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran yang dirasa sesuai. Salah satunya adalah model pembelajaran inkuiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terlihat perkembangan kreativitas anak pada saat awal observasi masih belum terlihat, hal tersebut ditandai dengan sikap anak yang masih belum bisa memecahkan masalah sendiri, anak belum mampu berimajinasi, rasa keingintahuan yang dimiliki anak masih rendah, dan masih banyak anak yang hanya diam saat diberikan pertanyaan. Namun setelah diberikan kegiatan-kegiatan pembelajaran inkuiri yang lebih menyenangkan, kreativitas anak menjadi semakin meningkat. Hanya saja masih ditemukan tantangan dalam melakukan pengimplementasian model pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan perkembangan kreativitas anak. Hal yang harus dilakukan guru dalam menghadapi tantangan yang terjadi adalah guru harus semaksimal mungkin menyiapkan atau menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran inkuiri dan selalu mengomunikasikannya dengan kepala sekolah maupun wali murid.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

anakta_piaud

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini dalam naungan prodi PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) pada Institut Agama Islam Negeri Parepare (IAIN PAREPARE) terbentuk pada tahun 2022 dengan konsentrasi pada pendidikan anak usia dini. Anakta: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini menerbitkan ...