Al Fikrah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol 4 No 2 (2024): alfikrah

ETIKA BELAJAR DALAM KITAB TA’LIM AL-MUTA‘ALLIM: TINJAUAN FILSAFAT PENDIDIKAN

Suhendar, Suhendar (Unknown)
Ulum, Muhammad Babul (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini membahas tentang etika belajar yang diajarkan dalam kitab Ta'lim al-Muta'allim kemudian ditinjau dari sudut padang filsafat pendidikan. Dalam proses belajar mengajar etika menjadi salah satu aspek yang sangat penting karena dapat menunjang keberhasilan belajar, namun pada kenyataannya, etika belajar telah banyak diabaikan bahkan ditinggalkan oleh banyak siswa saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Obyek penelitiannya yaitu Kitab Ta'lim al-Muta'allim. Penelitian ini menggunakan metode analisis dekriptif. Kesimpulan dari penelitian ini ditemukan bahwa etika yang terdapat dalam Kitab Ta'lim al-Muta'allim masuk dalam kategori etika normatif. Dalam hal ini az-Zarnuji menetapkan berbagai jenis etika belajar sebagai panduan yang harus dilakukan oleh peserta didik. Az-Zarnuji membuat rincian hal-hal yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam belajar. Sehingga dengan demikian para peserta didik mendapatkan panduan untuk mencapai kebahagiaan tertinggi yaitu mendapatkan ridha Allah sebagai tujuan akhir dari kehidupan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Al fikrah

Publisher

Subject

Education

Description

Al Fikrah Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam adalah jurnal yang diterbitkan oleh program Magister Pendidikan Agama Islam STAI Binamadani Tangerang. Jurnal ini mencakup aspek-aspek pendidikan islam dan pemikiran islam yang difokuskan pada ; 1. Komponen-komponen pembelajaran ; kurikulum, model, ...