Journal of Indonesia Marketing Association
Vol. 2 No. 2 (2024)

Memahami Niat Perilaku Generasi Z Muslim Indonesia dalam Berkunjung ke Pariwisata Halal Malang

Suci Nirma Lestia (Universitas Mercu Buana)
Ali Hanafiah (Universitas Mercu Buana)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 yang menghantam industri pariwisata menyebabkan kota Malang mengalami penurunan wisatawan dan juga pendapatan yang sangat drastis. Untuk menaikkan kembali jumlah wisatawan dan pendapatan di kota Malang, wali kota Malang kemudian mengusulkan untuk mewujudkan Malang menjadi Center of Halal Tourism. Penelitian ini bertujuan untuk membahas apa saja yang dapat mempengaruhi niat berkunjung generasi Z Muslim Indonesia untuk berkunjung ke pariwisata halal Malang. Variabel independen yang di dapat dari hasil Pra Survei yaitu Motivasi, Citra Destinasi, dan Pengetahuan. Sedangkan variabel dependennya yaitu Niat Berkunjung. Objek penelitian ini adalah Generasi Z Muslim Indonesia sebanyak 200 responden dan Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik penyebaran dan pengisian kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dalam bentuk SEM-PLS 3.2.9. Hasil penelitian menunjukkan Motivasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung, citra destinasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung, dan pengetahuan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung generasi Z ke pariwisata halal Malang. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dari variabel motivasi, citra destinasi, dan pengetahuan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat berkunjung generasi Z ke pariwisata halal Malang. Saran dari penelitian ini adalah untuk dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten malang mencakup motivasi, citra destinasi, dan pengetahuan, serta untuk penelitian selanjutnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

IMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Indonesia Marketing Association (IMA) is a scientific journal in the fields of digital marketing, consumer behavior, marketing, integrated marketing, internet marketing, e-commerce, persuasive strategy, relational marketing, marketing and business ethics, distribution strategy, product development ...