cover
Contact Name
Adi Zakaria Afif
Contact Email
Info@journal-ima.org
Phone
+622157902338
Journal Mail Official
Info@journal-ima.org
Editorial Address
EightyEight@Kasablanka, 8th Floor, Jl. Casablanca Raya Kav. 888, South Jakarta
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Indonesia Marketing Association
ISSN : -     EISSN : 29633710     DOI : 10.69477
Core Subject : Economy,
Indonesia Marketing Association (IMA) is a scientific journal in the fields of digital marketing, consumer behavior, marketing, integrated marketing, internet marketing, e-commerce, persuasive strategy, relational marketing, marketing and business ethics, distribution strategy, product development strategy, marketing strategy, customer relationship management, international marketing.
Articles 24 Documents
Pengaruh Pemasaran Melalui Media Sosial Terhadap Niat Berbelanja pada Aplikasi Shopee Heppy Anno Rey Pasaribu
Journal of Indonesia Marketing Association (IMA) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Indonesia Marketing Association (IMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69477/ima.v1i1.1

Abstract

This research aims to determine the impact of digital marketing through social media on purchasing intentions on Shopee app. The data in this study is collected online from 185 Shopee users and social media using convenience sampling techniques and analyzed with the help of SmartPLS3 to empirically test the research model. The results show that there are four positive and significant relationship interactions among the study variables. This research can provide useful information related to digital marketing to practitioners related to digital marketing. The results of this study are expected to be used as considerations to make it easier for marketers to understand how ads perception, brand perception, and brand attitude can affect consumers' buying intentions in shopping on the Shopee app. , brand perception, brand attitude, buying intentions
Pengaruh Ulasan Pelanggan Online, Citra Merek, Dan Kepercayaan Terhadap Niat Pemesanan Hotel Konsumen Secara Online (Survei Online pada Pengguna Aplikasi Traveloka) Satrio Budiarto
Journal of Indonesia Marketing Association (IMA) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Indonesia Marketing Association (IMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69477/ima.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari ulasan pelanggan online, citra merek, serta kepercayaan terhadap niat pemesanan hotel konsumen secara online pada aplikasi Traveloka. Survei online dilakukan dengan ketentuan responden dengan usia diatas 17 tahun yang sudah pernah melakukan pemesanan hotel dalam kurun waktu 3 tahun terakhir pada aplikasi Traveloka. Dari total responden sebanyak 249 yang kemudian diolah menggunakan SPSS dan Smart PLS, diketahui bahwa variabel ulasan pelanggan online dengan valensi positif maupun negatif serta citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepercayaan konsumen akan suatu hotel, serta kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap niat pemesanan hotel secara online.
Mengembangkan Strategi Bisnis Produk Hearing Aids: Pendekatan Model Manajemen Strategik Maria Angela; Andrianto Widjaja
Journal of Indonesia Marketing Association (IMA) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Indonesia Marketing Association (IMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69477/ima.v1i1.3

Abstract

MAA merupakan perusahaan yang bergerak di bidang layanan kesehatan pendengaran dengan bisnis utama saat ini adalah penjualan alat bantu dengar secara ritel. Indonesia merupakan pasar yang cukup besar untuk alat bantu dengar mengingat besarnya jumlah penduduk dan tingginya prevalensi ketulian dan gangguan pendengaran di Indonesia. Akan tetapi, banyaknya pesaing dan juga munculnya pandemi Covid-19 di awal Maret 2020 merupakan tantangan tersendiri untuk perusahaan. Oleh karena itu, untuk mempertahankan posisinya sebagai salah satu market leader dan untuk bertahan dalam kondisi yang tidak menentu, PT. MAA membutuhkan sebuah strategi bisnis yang tepat sesuai dengan faktor eksternal yang dihadapi dan faktor internal yang dimiliki oleh perusahaan. Strategi bisnis untuk PT. MAA dikembangkan melalui analisis eksternal menggunakan PESTLE dan Porter’s Five Forces serta analisis internal menggunakan analisis fungsional. Untuk mengembangkan alternatif strategi digunakan matriks internal dan eksternal dan matriks SWOT, sedangkan penentuan strategi prioritas digunakan analisis matriks quantitatif strategi planning.
Online Shopping Habit atau Experience Memoderasi Customer’s Satisfaction, Trust, dan Learning Terhadap Online Repurchase Intention Abigail Pasaribu; Lina Salim
Journal of Indonesia Marketing Association (IMA) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Indonesia Marketing Association (IMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69477/ima.v1i1.4

Abstract

In covid-19 pandemi, online shopping is a very common form of activity. Various kinds of products are being sold online, which is one of them is book. Competition between booksellers is really tight. Therefore, sellers for many online bookstores found these days are not only people who specially sell books online, but well-known offline bookstores are also doing it. Satisfaction, trust, and learning are factors that influence customers’ desire to repurchase in order to maintain an online bookstore’s existence. Therefore, researcher investigate on effects of satisfaction, trust, and learning toward online repurchase intention with online shopping habit and experience as a moderator variable on thebook_holic online shop. Respondents for this research are 105 from 108 thebook_holic’s customers that had purchased (minimum) two times. The indicators used in this research had been tested and had been affirmed to have reliability value and good validity. The result of this research is that there are direct effects between satisfaction with outcome quality, satisfaction with process quality, learning and trust toward online repurchase intention. While online shopping habit and experience only moderate the relationship between satisfaction with outcome quality, satisfaction with process quality and online repurchase intention.
Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Frozen Food CHAMP Di Hypermart Lippo Cikarang) Retno Wulandari; Cashadi Cashadi
Journal of Indonesia Marketing Association (IMA) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Indonesia Marketing Association (IMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69477/ima.v1i1.5

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening pada produk Frozen Food CHAMP di Hypermart Lippo Cikarang dengan menggunakan metode jenis purposive sampling terhadap 100 responden dan proses pengujian menggunakan program aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dan untuk Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Selanjutnya, penelitian ini menyatakan bahwa Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Terbukti bahwa nilai berpengaruh tidak langsung < berpengaruh langsung, yaitu 0,360 < 0,491. Diharapkan dengan terdapatnya penelitian ini produk Frozen Food CHAMP di Hypermart Lippo Cikarang lebih memperhatikan kualitas produk sehingga dapat menambah tingkat kepuasan pelanggan dan juga akan menumbuhkan loyalitas kepada para pelanggan. Selain itu, bisa memperbaiki kualitas produk dan variable lain untuk mengetahui faktor yang lebih berpengaruh sebagai variabel intervening terhadap loyalitas pelanggan.
Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk, dan Harga Pada Kualitas Pelayanan di Coffee Shop Janji Jiwa Andika Ramanda Putra; Maitsa Hanifa Setyadi
Journal of Indonesia Marketing Association (IMA) Vol. 1 No. 1 (2022)
Publisher : Indonesia Marketing Association (IMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69477/ima.v1i1.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing, kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap Kualitas Pelayanan pada kopi janji jiwa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis survei dengan menggunakan data kuesioner. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan metode random sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan f serta analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Digital Marketing memiliki pengaruh signifikansi paling lemah terhadap peningkatan Kualitas Pelayanan kopi Janji Jiwa. Sedangkan Harga memiliki pengaruh signifikansi kedua tertinggi. Adapun Kualitas Produk memiliki pengaruh signifikansi paling tinggi terhadap peningkatan Kualitas Pelayanan kopi Janji Jiwa.
Analysis and Proposed Strategies to Improve Consumer Purchasing Decisions on Sean's Production Houses Through the Website Annette Zaneta Zaluchu; Cecep Safa'atul Barkah; Arianis Chan; Pratami Wulan Tresna
Journal of Indonesia Marketing Association (IMA) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Indonesia Marketing Association (IMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69477/ima.v1i2.8

Abstract

Sean's Production House is a company that specializes in branding & design, social media management, photography and digital marketing. GWI (Q3 2021) shows that 60.6% of people buy products or services online. This fact shows that the internet marketing and selling market is very large in Indonesia, so the market for Sean's Production House is very broad. However, after two years, only some consumers make purchasing decisions through the website. Companies need to spend a lot of money to create a website; the effort is also a lot. Due to these reasons, Sean's Production House closed its website in early 2022 because it was not making a profit. Sean's Production House requires the right business strategy to overcome this. After observations and interviews, the researcher realized that several factors made potential customers hesitate to purchase through the website. These factors relate to the gap between consumer expectations and the implementation of the website. Design thinking analysis is used to make a strategy to overcome it.
Hubungan Kualitas Aplikasi Jamsostek Mobile terhadap Kepuasan Pelanggan Noviawati
Journal of Indonesia Marketing Association (IMA) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Indonesia Marketing Association (IMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69477/ima.v1i2.13

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas aplikasi Jamsostek Mobile terhadap kepuasan pelanggan. Responden dalam penelitian ini adalah peserta perusahaan yang terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi Jamsostek Mobile. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, dengan menyebarkan kuesioner sehingga mendapatkan 155 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Jamsostek Mobile dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan, artinya Jamsostek mobile telah meningkatkan kepuasan pelanggan.
Pengaruh Citra Harga Toko Terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce Cheery Damayanti
Journal of Indonesia Marketing Association (IMA) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Indonesia Marketing Association (IMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69477/ima.v1i2.15

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh store price image pada keputusan pembelian menggunakan e-commerce. Dalam penelitian ini, penulis memberikan pengukuran citra harga toko dalam mengadopsi penggunaan e-commerce, yang mengacu pada kualitas, nilai yang dirasakan, tingkat harga, keadilan harga, emosi positif, emosi negatif, dimensi simbolis, dan keputusan pembelian. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna e-commerce yang ada di Indonesia baik pria maupun wanita dari umur 20-50 tahun yang sangat familiar dengan penggunaan teknologi khususnya transaksi melakukan pembelian menggunakan e-commerce. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei, dengan menyebarkan kuesioner sehingga mendapatkan 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa quality, perceived value, positive emotions, dan negative emotions berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian di e-commerce. Artinya, keputusan pembelian di e-commerce pada setiap orang dari generasi maupun gender yaitu berbeda-beda tergantung pada kebutuhan mereka dan dapat dibuktikan bahwa adanya perbedaan dalam penerimaan citra harga toko dalam keputusan pembelian di e-commerce yang mempengaruhi keputusan pembelian.
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN HYUNDAI CRETA DI DAERAH DKI JAKARTA Anugerah Kemala Indah
Journal of Indonesia Marketing Association (IMA) Vol. 1 No. 2 (2023): April
Publisher : Indonesia Marketing Association (IMA)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.69477/ima.v1i2.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan Hyundai Creta di Daerah DKI Jakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan di Hyundai Creta DKI Jakarta. Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 responden, dihitung menggunakan rumus Hair. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik PLS (Partial Least Square) melalui software statistik SmartPLS versi 3.0, dengan instrumen penelitian kuesioner. Hasil dari penelitian ini adalah Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Kata Kunci: Harga, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan.

Page 1 of 3 | Total Record : 24