JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur
Vol 4 No 2 (2024): Juni 2024

Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan Penggunaan pada Minat Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Liliyan, Aditya (Unknown)
Febisatria , Andhi (Unknown)
Wiguna, Satria Veriansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Aplikasi Mobile JKN merupakan aplikasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk mempermudah konsumen untuk mengakses layanan BPJS Kesehatan. Pengguna Aplikasi Mobile JKN dilihat masih sangat minim jika dibandingkan dengan pengguna layanan BPJS Kesehatan. Penelitian ini akan menguji secara empiris faktor-faktor yang menyebabkan minimnya minat konsumen BPJS Kesehatan untuk menggunakan Aplikasi Mobile JKN. Temuan pada penelitian sebelumnya menyatakan bahwa persepsi kemudahan dalam menggunakan dan dan persepsi kegunaan merupakan prediktor utama dalam menentukan minat menggunakan aplikasi Mobile JKN. Temuan dari penelitian sebelumnya juga menjelaskan bahwa jika presepsi kegunaan memiliki respon yang baik dari pengguna tetapi tidak diimbangi dengan persepsi kemudahan dalam menggunakan yang baik, maka niat menggunakan aplikasi juga akan cenderung tidak terjadi. Penelitian ini akan membuktikan kebenaran dari temuan pada penelitian sebelumnya dengan menggunakan uji empiris. Penelitian sebelumnya masih bersifat kualitatif yang menangkap persepsi konsumen dari komentar tentang aplikasi Mobile JKN pada platform Google Play Store. Teori dasar yang digunakan pada penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM) yang digunakan untuk melihat penerimaan individu pada teknologi terbaru. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kemudahaan penggunaan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada minat menggunakan baik secara parsial ataupun simultan. Temuan dari penelitian ini mampu menjawab pertanyaan dari penelitian sebelumnya yang telah melihat faktor-faktor penyebab minat menggunakan aplikasi Mobile JKN masih minim. Secara simultan persepsi kegunaan dan kemudahan dalam menggunakan secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada minat menggunakan. Hasil penelitian ini menjawab temuan dari penelitian sebelumnya, dimana persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan dalam menggunakan harus sama-sama bernilai positif agar mencapai suatu minat menggunakan yang positif dari masyarakat dalam menggunakan aplikasi Mobile JKN. Penelitian ini juga memberikan saran dan implikasi dari segi teoritis bagi akademisi dan juga praktis bagi pengembang aplikasi Mobile JKN.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jebdeker

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Artikel ilmiah yang dipubikasi dalam JEBDEKER adalah semua aspek dengan scope sebagai berikut: 1. Ekonomi 2. Akuntansi: Akuntansi Keuangan, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Pajak, Audit, Akuntansi Biaya, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi UMKM. 3. Manajemen: Manajemen Pemasaran, Manajemen Strategik, ...