Sistem 5S adalah pendekatan sistematis untuk mengatur dan memelihara tempat kerja yang bersih dan efisien Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji status pengelolaan dokumen dengan menggunakan sistem 5S. Pengelolaan dokumen pada institusi pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan dokumen dapat digunakan sistem 5S (Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, dengan melibatkan studi kasus pada institusi pendidikan terpilih. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Proses ini berfokus pada manajemen dokumen yang lebih efisien, dan pemantauan kualitas dokumen yang lebih baik. Dalam penelitian ini penulis mengkaji situasi pengelolaan dokumen di institusi pendidikan dengan mengunakan metode 5S. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem 5S dapat meningkatkan efisiensi organisasi dan produktivitas pengelolaan dokumen di institusi pendidikan. Kajian ini merekomendasikan agar institusi pendidikan mengadopsi sistem 5S sebagai standar sistem pengelolaan dokumen untuk menjamin pengelolaan dokumen yang efisien dan efektif, yang penting untuk menjaga kualitas layanan akademik.
Copyrights © 2024