IBTIDAIYYAH : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 1 No 1 (2022): Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

MOTIVASI BELAJAR: Analisis Motivasi Belajar Siswa dengan Kemampuan Kognitif yang Tinggi di Kelas 3C MIN 1 Kota Malang

Vega Melati Sukma (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

Learning motivation is the driving force or motivation that encourages students to learn. Motivation to learn can come from within or environmental stimuli. Learning motivation given by educators is a stimulus from the surrounding environment. Educators at MIN 1 Malang City provide stimulation to students by motivating students every day before the start of learning with the aim that students have high cognitive abilities. This study aims to determine the relationship between learning motivation and high cognitive ability, learning motivation to increase high cognitive ability, especially in class 3C MIN 1 Malang City. The qualitative research method used by the researcher produces a descriptive research data result. Data collection techniques in the research used are observation, interviews, and documentation. From the results of research that has been carried out by researchers, the results show that there is a very strong relationship between learning motivation and high cognitive abilities in class 3C MIN 1 Malang City. Abstrak Motivasi belajar merupakan daya dorong atau motivasi yang mendorong peserta didik untuk belajar. Motivasi belajar dapat berasal dari dalam diri atau rangsangan lingkungan. Motivasi belajar yang diberikan tenaga pendidik merupakan rangsangan dari lingkungan sekitar. Tenaga pendidik di MIN 1 Kota Malang memberikan rangsangan pada peserta didik dengan cara memotivasi para peserta didik setiap hari sebelum mulainya pembelajaran dengan tujuan agar para peserta didik mempunyai kemampuan kognitif yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kemampuan kognitif yang tinggi, motivasi belajar terhadap peningkatan kemampuan kognitif yang tinggi khususnya di kelas 3C MIN 1 Kota Malang. Metode penelitian kualitatif yang digunakan peneliti menghasilkan sebuah hasil data penelitian yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian yang digunakan yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara motivasi belajar dengan kemampuan kognitif tinggi pada kelas 3C MIN 1 Kota Malang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ijpgmi

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit ...