IBTIDAIYYAH : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 3 No 2 (2024): Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS JURNAL STIKER BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP KEBERAGAMAN BUDAYA KELAS IV SDN TUNJUNGSEKAR 4 KOTA MALANG

YULIANTI, DEVI (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

The use of appropriate teaching materials is an important aspect to be fulfilled in the learning process. Based on the results of pre-research conducted in class IV SDN Tunjungsekar 04 Malang City, it was found that the Merdeka Curriculum and differentiated learning had been implemented, but teachers did not yet have student worksheets that could meet differentiated learning needs. Additionally, during the learning process, teachers applied monotonous worksheets resulting in low student understanding. Civics Education is a very important subject for directing students culturally and morally and can preserve culture in Indonesia. This study uses a research and development method. The research and development model used refers to the ADDIE research model with 5 stages. The subjects of this study were fourth-grade students of SDN Tunjungsekar 04 Malang City, totaling 25 students. Data collection techniques were conducted through observation, interviews, validation questionnaires, pretests, and posttest. The results of this research and development are in the form of a product developed through the stages of the ADDIE development model, namely LKPD based on Story Sticker Journals to improve students' understanding of concepts. The developed product meets the criteria as good teaching materials to be used and meets eligibility criteria with expert test results reaching a feasibility level of 85%. LKPD based on Story Sticker Journals can improve students' understanding of concepts with an average posttest score of 91.6. Story Sticker Journal-based LKPD can improve students' understanding of concepts due to the selection of worksheets equipped with attractive stickers. ABSTRAK Penggunaan bahan ajar yang sesuai dengan materi pembelajaran merupakan hal penting yang harus dipenuhi dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pra-penelitian yang telah dilakukan dikelas IV SDN Tunjungsekar 04 Kota Malang diperoleh hasil bahwa sudah menerapkan Kurikulum Merdeka dan pembelajaran berdiferensiasi, tetapi guru belum memiliki lembar kerja peserta didik yang dapat memenuhi pembelajaran berdiferensiasi. Pada saat proses pembelajaran guru menerapkan lembar kerja monoton sehingga pemahaman siswa rendah. Mata Pelajaran PPKN adalah mata pelajaran yang sangat penting guna mengarahkan siswa berbudaya dan bermoral serta dapat melestarikan budaya di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode (research and development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan mengacu pada model penelitian ADDIE dengan 5 tahapan (analyze, desaign, develop, implementation, evaluation) . Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Tunjungsekar 04 Kota Malang yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket validasi, pretest dan posttest. Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu berupa produk yang dikembangkan melalui tahapan model pengembangan ADDIE adalah LKPD berbasis Jurnal Stiker Bercerita untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa produk yang dikembangkan telah memenuhi komponen sebagai bahan ajar yang baik untuk digunakan dan memenuhi kriteria layak dengan hasil uji ahli mencapai Tingkat kelayakan 85%. LKPD berbasis Jurnal Stiker Bercerita dapat meningkat pemahaman konsep siswa dengan rata-rata nilai postetst 91,6. LKPD Jurnal Stiker Berceirta dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa karena pemilihan lembar kerja yang dilengkapi stiker yang menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijpgmi

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit ...