Penelitian ini bertujuan mewujudkan pendidikan kimia inklusif dengan fokus pada penciptaan ruang belajar yang ramah bagi semua siswa. Melalui identifikasi kebutuhan, pengembangan strategi inklusif, dan melibatkan berbagai pihak, penelitian ini menjelajahi dampak implementasi strategi inklusif dalam pembelajaran kimia. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan partisipasi dan keterlibatan siswa, terutama yang memiliki kebutuhan khusus, serta perubahan positif dalam persepsi siswa terhadap pembelajaran kimia. Kegiatan pengabdian masyarakat meningkatkan kesadaran guru dan orang tua terkait urgensi pendidikan kimia inklusif, sementara diseminasi hasil penelitian memberikan kontribusi pada pertukaran pengalaman dan penyebaran praktik baik dalam pendidikan kimia inklusif. Implikasi penelitian ini mencakup pengembangan panduan praktis bagi guru, penguatan kerja sama dengan orang tua, dan integrasi strategi inklusif dalam kebijakan kurikulum nasional. Penelitian masa depan dapat lebih melibatkan institusi pendidikan yang lebih luas untuk mengeksplorasi dampak jangka panjang dan dapat memperluas cakupan strategi inklusif. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan sumbangan positif terhadap pengembangan pendidikan kimia inklusif dan mengajak semua pihak terkait untuk berkolaborasi guna meningkatkan kualitas pembelajaran kimia menuju inklusivitas yang lebih besar.
Copyrights © 2024