Pendidikan Islam di Kuttab memiliki peran sentral dalam membentuk karakter anak-anak, namun tantangan dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai Islam seringkali muncul. Artikel pengabdian masyarakat ini mengusulkan dan mengimplementasikan strategi optimalisasi pendidikan Islam di Kuttab dengan fokus pada meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap nilai-nilai Islam. Strategi ini mencakup perubahan metode pembelajaran, penggunaan teknologi pendidikan, peningkatan keterlibatan orang tua, dan pemberdayaan guru melalui pelatihan terkait. Metode penelitian menggunakan pendekatan pengembangan dengan lokasi penelitian di Kuttab tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi berhasil meningkatkan pemahaman nilai-nilai Islam di antara siswa. Partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran meningkat, didukung oleh metode pembelajaran yang lebih interaktif dan pemanfaatan teknologi. Keterlibatan orang tua juga terbukti meningkat melalui pertemuan rutin dan kolaborasi dalam kegiatan pendidikan. Guru, setelah mendapatkan pelatihan, mampu mengadaptasi metode pembelajaran baru, menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa strategi optimalisasi pendidikan Islam di Kuttab memiliki dampak positif pada pemahaman nilai-nilai Islam, partisipasi siswa, dan keterlibatan orang tua. Artikel ini memberikan kontribusi pada pemahaman praktis tentang pendidikan Islam di lembaga tradisional seperti Kuttab dan menggarisbawahi pentingnya kolaborasi aktif antara sekolah, siswa, dan keluarga. Implikasi dan arah penelitian selanjutnya juga dibahas untuk memperkuat dan mengembangkan strategi ini dalam konteks pendidikan Islam yang lebih luas.
Copyrights © 2024