Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa sebagian besar siswa masih kurang inisiatif dan kurang percaya diri saat proses pembelajaran. Kesulitan ini disebabkan karena kreativitas dan percaya diri siswa masih kurang dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiry mampu meningkatkan kreativitas, percaya diri, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan. Metode pengumpulan sampel penelitian yaitu purposive sampling. Hasil penelitian mendapatkan hasil melalui penerapan model pembelajaran inquiry di kelas XII TB 2 SMK Pariwisata Dalung berhasil meningkatkan kreativitas, percaya diri, dan hasil belajar siswa. Pada penelitian hasil Uji hipotesis dengan perhitungan Uji T berpasangan (Paired sample t-test) yang membandingkan antara pretest-posttest kreativitas, percaya diri, dan hasil belajar menunjukkan signifikan sebesar 0.000 < 0.05, dengan demikian Ho ditolak; Ha diterima dan dapat dinyatakan terdapat peningkatan kreativitas, percaya diri, dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan melalui penerapan model pembelajaran inquiry.
Copyrights © 2024