Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 3 No 1 (2024): Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika

Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis dengan Pembelajaran RME dan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada Siswa Kelas XI MAN Sumenep

Thibbi Imroah Muhsinah (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Arini Mayan Fa'ani (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Mathematical representation ability refers to students' skills in conveying mathematical concepts through images, symbols, tables, or other forms of representation. To improve this ability, effective learning strategies are needed. The purpose of this study was to see the comparison of students' mathematical representation ability between RME learning and STAD type cooperative learning in MAN Sumenep. This research applies quantitative methods with experimental approaches and Pretest-Posttest Control Group Design. The initial evaluation and final evaluation data were analyzed using the One Way Anova test. From the results of the analysis conducted shows that the value of Sig. is 0.000, which means the value is lower than 0.05. These results illustrate a significant difference in the ability of mathematical representation. So it can be concluded that there is a comparison of mathematical representation ability with RME learning and STAD type cooperative learning in grade XI students of MAN Sumenep. ABSTRAK Kemampuan representasi matematis mengacu pada keterampilan siswa dalam menyampaikan konsep matematika melalui gambar, simbol, tabel, atau bentuk representasi lainnya. Unutuk meningkatkan kemampuan ini, diperlukan strategi pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat perbandingan kemampuan representasi matematis siswa antara pembelajaran RME dan pembelajaran kooperatif tipe STAD di MAN Sumenep. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan Pretest-Posttest Control Group Design. Data hasil tes awal dan tes akhir dianalisis menggunakan uji Anova Satu Jalur. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa nilai adalah , yang berarti nilainya lebih rendah dari . Hasil tersebut menggambarkan adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan representasi matematis. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbandinga kemampuan rekresentasi matematis dengan pembelajaran RME dan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI MAN Sumenep.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gjppm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Galois : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika telah memiliki nomor register ISSN versi online (e 2828-8386). Jurnal Galois: Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Program Studi Tadris Matematika Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang ...