BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 3 No. 2 (2023)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI: TINJAUAN LITERATUR

Atiqah Nabila Febril (Universitas Negeri Padang)
Heffi Alberida (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Di era sekarang ini, peserta didik harus memiliki keterampilan abad ke- 21 karena keterampilan tersebut akan membantu mereka menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya . Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu bagian dari keterampilan abad-21. Meningkatkan keterampilan berpikir kritis salah satunya dengan cara menggunakan model pembelajaran berbasis masalah yaitu model problem based learning dalam pembelajaran. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur dengan mencari berbagai referensi teori yang relevan dengan topik penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan mencari artikel pada urnal terakreditasi atau terindeks (2018-2022) yang berkaitan dengan pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didikdalam pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah melakukan literature review terhadap artikel-artikel terkait pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran biologi. Berdasarkan analisis artikel yang telah dilakukan, dapat disimpulkan yaitu 19 artikel menyatakan bahwa rata-rata model problem based learning berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran biologi dan 1 artikel lainnya menyatakan terdapat tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model konvensional dan model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran biologi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...