BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

PENERAPAN PRAKTIKUM BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KESIMPULAN

Rifqi Nur Aufaa (Universitas Sains Al-Qur'an)
Noor Aziz (Universitas Sains Al-Qur’an)
Fatiatun Fatiatun (Universitas Sains Al-Qur’an)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Praktikum berbasis proyek merupakan pembelajaran yang diperoleh melalui pengetahuan dan keterampilan baru yang dimasukkan ke dalam produk dunia nyata. Kesimpulan yang dimaksud adalah rangkuman seluruh hasil kegiatan praktikum atau setelah pembelajaran dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui praktikum berbasis proyek terhadap peningkatan menyusun kesimpulan, dan 2) mengetahui perbedaan antara menyusun kesimpulan dengan praktikum berbasis proyek dan menyusun kesimpulan tanpa praktikum berbasis proyek. Bentuk penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain pretest-posttest control-two-group design dengan partisipan sebanyak 36 siswa kelas VIII dari MTs Al-Ghozaly Wonosobo. Uji gain dan uji-T digunakan untuk memproses, menganalisis, dan membandingkan hasil pretest dan posttest untuk menentukan perbedaan dan peningkatan antara keduanya. Penelitian didapatkan: 1) Pada kelas eksperimen peningkatan menyusun kesimpulan dengan pembelajaran praktikum berbasis proyek sebesar 0,453 termasuk kategori sedang; 2) H0 ditolak dan Ha diterima karena thitung = 2,99 > ttabel = 2,728 (tingkat signifikan 1%) artinya terdapat perbedaan antara kelompok yang diteliti.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...