BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

ANALISIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FISIKA PADA PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL MENGGUNAKAN SOAL HOTS

Vita Verdiana (Universitas Sains Al-Qur'an)
Hidayatu Munawaroh (Universitas Sains Al-Qur’an)
Fatiatun Fatiatun (unsiq)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2024

Abstract

Referensi yang dapat digunakan sebagai gambaran untuk belajar salah satunya adalah artikel. Artikel ini berisi penelitian yang dapat dijadikan referensi untuk penerapan suatu model pembelajaran dan mengetahui efek setelahnya. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan menggunakan teknik eksperimen dengan jadwal pra dan pasca pengujian. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan apakah pembelajaran Problem Based Learning dengan soal High Order Thingking Skills dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Dua kelas SMK 2 Andalusia Kaliwiro dijadikan sampel penelitian. Uji hipotesis dan uji gain adalah jenis analisis yang digunakan untuk penelitian kali ini. Menurut temuan penelitian, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika meningkat setelah model pembelajaran berbasis masalah dengan soal HOTS digunakan untuk proses pembelajaran. Pernyataan tersebut ditunjukkan dengan hasil analisis uji hipotesis yang membuktikan bahwa hasil t hitung > dari t tabel (4,88 > 2,048), dimana apabila t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat pada perbandingan hasil belajar kedua kelas yang memiliki perbandingan signifikan, untuk kelas kontrol memiliki rata-rata hasil belajar sebesar 66 dan kelas eksperimen sebesar 78.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...