BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RE-MAP STAD TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI

Uswatun Hasanah (Universitas Negeri Padang)
Rahmadhani Fitri (Universitas Negeri Padang)
Ardi Ardi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Pembelajaran biologi yang bersifat teoritis sering menjadi permasalahan bagi siswa. Pembelajaran biologi yang memiliki banyak materi dan konsep seharusnya disajikan secara lebih sederhana dan mudah dipahami.Topik bahasan pembelajaran biologi yang banyak hanya terpusat kepada guru membuat siswa merasa cepat bosan dan kurang interaktif, akibatnya terjadi penurunan pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan sebuah model pembelajaran yang membantu siswa dalam memahami pembelajaran biologi. Model pembelajaran REMAP STAD merupakan strategi pembelajaran yang membantu siswa memetakan konsep dalam materi biologi dengan membuat mind mapping serta mendorong siswa untuk lebih aktif dalam belajar dengan kegiatan diskusi kelompok. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode meta analisis dari 20 artikel jurnal yang membahas pengaruh model pembelajaran REMAP STAD terhadap hasil belajar siswa SMA. Sampel penelitian ini adalah 5 artikel jurnal pendidikan yang memenuhi kriteria yaitu memiliki hasil pretest dan posstest. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung effect size dari setiap artikel jurnal terbitan 2019-2022. Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh model pembelajaran REMAP STAD terhadap hasil belajar biologi pada aspek kognitif dan psikomotor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...