BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP

Meirita Sari (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Sopiah Sopiah (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)
Khermarinah Khermarinah (Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2024

Abstract

Pengembangan modul pembelajaran IPA materi pencemaran lingkungan air dengan memanfaatkan potensi local yang ada disekitar sekolah dan lingkungan tempat tinggal siswa bervisi Science, Enviritment, Technology and Society (SETS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana desain modul IPA dirancang, serta untuk mengetahui kepraktisan dan kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis Science, Enviritment, Technology and Society ( SETS) untuk meningkatkan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP. Metode penelitian ini adalah penelitian penelitian dan pengembangan, dan desain penelitian mencakup pembuatan modul ajar serta uji t satu sampel dan uji t berpasangan. Hasil penilaian validasi yang dilakukan oleh ahli dan guru menunjukkan bahwa modul ajar bervisi SETS dapat digunakan. Hasil angket respons siswa pada kelompok kecil memperoleh nilai rata-rata “83,2%” dengan kriteria “Sangat Praktis”, dan angket respons siswa pada kelompok besar memperoleh nilai rata-rata “87,34%” dengan kriteria “Sangat Praktis”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...