BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

ANALISIS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 360 DENGAN MODEL BLENDED POE2WE PADA MATERI FLUIDA STATIS

Rizqi Al Fajri (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Muhammad Minan Chusni (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2024

Abstract

Penggunaan teknologi e-modul dalam proses pembelajaran semakin meluas seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu sumber belajar berbasis teknologi yang dapat membantu pembelajaran materi fluida statis adalah Articulate Storyline 360. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk tertentu dan mengevaluasi keefektifannya. Metodologi penelitian model POE2WE berusaha untuk: (1) menyediakan akses informasi tanpa batas kapan saja, di mana saja (2) membangun komunikasi secara online (3) membuat belajar menjadi lebih sederhana dan menyenangkan (4) mengembangkan lingkungan belajar yang inventif dan lebih dinamis. Model blended POE2WE diterapkan kepada peserta didik di Sekolah Menengah Atas dengan beberapa langkah antara lain; peserta melalukan pembelajaran dengan menggunakan smartphone, pada pertemuan peserta didik melakukan pembelajaran menggunakan mobile learning dengan bimbingan seorang guru, dalam pembelajaran mandiri peserta didik melakukan pembelajaran jarak jauh sehingga adanya kemauan sendiri dalam melakukan pembelajaran. Hasilnya, e-modul yang dibuat memenuhi syarat sebagai e-modul yang sangat valid dan bermanfaat untuk tujuan pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...