Banyak siswa yang tidak menyukai pembelajaran fisika karena konsepnya yang abstrak dan banyak rumus. Selain itu, dalam pembelajaran dikelas hanya diarahkan untuk menghafal tanpa memahami. Serta, dalam pembelajaran masih mengalami beberapa kendala terkait dengan sumber atau perangkat pembelajaran. Ketidaktersediaan LKPD dan pembelajaran yang tidak dikaitkan dengan contoh di lingkungan sekitar mengakibatkan pemahaman konsep dan pemecaham masalah siswa kurang terlatih. Sehingga perlu dikembangkan LKPD berbasis potensi lokal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, memberikan lembar validasi kepada validator ahli. Lembar angket respons peserta didik, serta lembar soal pretest dan postest kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: LKPD yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan hasil uji validasi mendapat presentase sebesar 91,8% termasuk dalam kategori sangat valid. LKPD yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan peserta didik. Hasil uji t pada pemahaman konsep diperoleh harga t hitung sebesar 0,973.
Copyrights © 2024