BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL POE2WE BERBASIS POTENSI LOKAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK

Marfungah Marfungah (Universitas Sains Al-Qur’an)
Sri Jumini (Universitas Sains Al-Qur’an)
Fatiatun Fatiatun (Universitas Sains Al-Qur’an)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2024

Abstract

Banyak siswa yang tidak menyukai pembelajaran fisika karena konsepnya yang abstrak dan banyak rumus. Selain itu, dalam pembelajaran dikelas hanya diarahkan untuk menghafal tanpa memahami. Serta, dalam pembelajaran masih mengalami beberapa kendala terkait dengan sumber atau perangkat pembelajaran. Ketidaktersediaan LKPD dan pembelajaran yang tidak dikaitkan dengan contoh di lingkungan sekitar mengakibatkan pemahaman konsep dan pemecaham masalah siswa kurang terlatih. Sehingga perlu dikembangkan LKPD berbasis potensi lokal. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, memberikan lembar validasi kepada validator ahli. Lembar angket respons peserta didik, serta lembar soal pretest dan postest kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: LKPD yang telah dikembangkan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan hasil uji validasi mendapat presentase sebesar 91,8% termasuk dalam kategori sangat valid. LKPD yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan peserta didik. Hasil uji t pada pemahaman konsep diperoleh harga t hitung sebesar 0,973.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...