BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG STRUKTUR BUNGA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL

Dini Kiki Pratiwi Sufyan (PGSD UPJJ Samarinda Universitas Terbuka)
Marzuki Marzuki (Insitut Agama Islam Negeri Langsa)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2024

Abstract

Kurang bervariatifnya media pembelajaran yang digunakan pendidik pada materi struktur bunga menyebabkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor menjadi rendah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mengenai struktur bunga dengan menggunakan bantuan dari media visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart yang dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian dilakukan pada kelas IV (empat) yang terdiri dari 18 orang peserta didik. Penelitian ini mengukur seluruh ranah yang ada pada hasil belajar yang meliputi ranah kognitif, afektif maupun psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik pada setiap ranah di tiap siklusnya. Oleh karena itu, media visual dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor pada pembelajaran IPA di SD pada materi struktur bunga.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...