BIOCHEPHY: Journal of Science Education
Vol. 4 No. 1 (2024)

ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN

Nita Amelia (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Muhammad Minan Chusni (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Berpikir kritis melibatkan kemampuan untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mensintesis informasi, serta membuat keputusan berdasarkan bukti dan logika. Dalam pembelajaran fisika, keterampilan ini sangat penting karena fisika memerlukan pemahaman konsep yang mendalam dan penerapan prinsip-prinsip ilmiah untuk memecahkan masalah nyata. Topik energi terbarukan, yang mencakup energi surya, angin, hidro, biomassa, dan geotermal, menjadi sangat relevan dalam pembelajaran fisika karena meningkatnya perhatian terhadap isu-isu lingkungan dan keberlanjutan. Pendidikan tentang energi terbarukan tidak hanya memberikan pengetahuan tentang teknologi dan metode baru untuk menghasilkan energi, tetapi juga menekankan pentingnya berpikir kritis dalam mengevaluasi sumber energi, dampaknya terhadap lingkungan, dan potensi penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika dengan fokus pada materi energi terbarukan. Sampel penelitian terdiri dari 33 siswa kelas XI di MA Al-Bidayah Cangkorah, dipilih secara acak. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan berpikir kritis yang mencakup 20 soal pilihan ganda. Hasil tes dianalisis menggunakan model Rasch untuk memastikan validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan berpikir kritis yang rendah, dengan 24,2% siswa berada dalam kategori rendah, 20% dalam kategori sedang, dan 20,3% dalam kategori tinggi. Analisis terhadap lima indikator keterampilan berpikir kritis menunjukkan bahwa siswa paling kuat dalam "Pemberian penjelasan sederhana" (65,52%) dan paling lemah dalam "Pembuatan penjelasan lebih lanjut" (37,21%).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

biochephy

Publisher

Subject

Education

Description

BIOCHEPHY: Journal of Science Education is an open-access journal published by the MO.RI Publishing. This journal aims to provide a forum for researchers, educators, teachers, trainer, and other practitioners to present their latest research papers on the results of the study and review of the ...