Keterampilan proses sains merupakan keterampilan yang melibatkan segenap kemampuan siswa dalam memperoleh pengetahuan berdasarkan fenomena alam dan membangun konsep IPA. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan proses sains terhadap model pembelajaran discovery. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan Pre-Experimental Designs dengan menggunakan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas VII semester II salah satu diantara SMP di Sidoarjo. Sampel penelitian yakni kelas VII-C dengan jumlah 30 siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain. Peningkatan setiap indikator keterampilan proses sains dengan kategori sedang yaitu indikator mempertanyakan dan indikator merencanakan dan melakukan penyelidikan. Sedangkan, dengan kategori tinggi yaitu indikator mengamati, indikator menganalisis data dan informasi, dan indikator mengomunikasikan hasil. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan terhadap keterampilan proses sains siswa SMP dengan menerapkan pembelajaran discovery.
Copyrights © 2024