Kemampuan berpikir kreatif siswa MTs tergolong masih rendah, sedangkan di era revolusi industry 4.0 kemampuan tersebut dibutuhkan dalam proses kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penggunaan model pembelajaran guided inquiry berbasis pictorial riddle , perbedaan berpikir kreatif siswa dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimental. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik MTs Maarif Tieng, dan kelas VII sebagai sampel yakni kelas VII B eksperimen dan kelas VII A kontrol. Teknik pengempulan data dengan pretest dan posttest, dokumentasi dan wawancara. 1)Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran guided inquiry berbasis pictorial riddle mamppu meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa yang. 2) hasil uji hipotesis di mana Ho ditolak dan Ha diterima dengan nilai thitung ? ttabel yakni 7,684 ? 1,996 dengan taraf signifikansi sebesar 5% yang berarti terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa antara kelas kontrol dan eksperimen. 3) terjadi penigkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang ditunjukkan dengan perolehan hasi n – gain skore dengan rata -rata kelas eksperimen sebesasar 56,9% dan kelas kontrol sebesar 33,1%. Disimpulkan bahwa terdapat peningkatan ketrampilan berpikir kreatif siswa dengan penggunaan model pembelajaran guided inquiry berbasis pictorial riddle.
Copyrights © 2024