Media merupakan salah satu unsur penting yang menunjang keberhasilan proses pembelajaran terutama pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Salah satu media yang marak digunakan di masa pandemi covid-19 saat ini adalah media pembelajaran electronic learning atau yang lebih dikenal dengan istilah e-learning. E-learning sendiri merupakan salah satu bentuk dari konsep distance learning yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet). Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian kualitatif bukan dinamakan responden tetapi sebagai nara sumber, atau partisipan, informan, teman dan guru yang terkait dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya efektivitas media berbasis e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, jika: (1) pembelajaran elektronik (media berbasis e-learning) dirancang secara cermat, dapat meningkatkan kadar interaksi pembelajaran, baik antara mahasiswa dengan dosen, antara sesama mahasiswa, maupun antara mahasiswa dengan bahan belajar (enhance interactivity). Berbeda halnya dengan pembelajaran yang bersifat konvensional. Tidak semua mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran konvensional dapat, berani, atau mempunyai kesempatan untuk mengajukan pertanyaan ataupun menyampaikan pendapatnya di dalam diskusi. (2) kualitas ataupun keunggulan proses pembelajaran PAI dapat terwujud dengan: Melakukan penyesuaian kurikulum; adanya variasi cara mengajar; Melakukan penilaian dengan memanfaatkan teknologi yang ada (menggunakan komputer, online assessment system); dan Menyediakan material pembelajaran seperti buku, komputer, multimedia, studio, dll yang memadai.Kata  Kunci  :  Media e-learning, kualitas pembelajaran PAI
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021