EL-TA’DIB: Journal of Islamic Education
Vol. 1 No. 2 (2021): september

MADRASAH SEBAGAI OUTPUT DIKOTOMISASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

Muhamad Akip (STAI BS Lubuklinggau)
Nurlila Kamsi (STAI BS Lubuklinggau)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Dikotomis dalam pendidikan yang akan  menciptakan individu tidak bersatu atau pribadi intelektual yang memahami ilmu keagamaan namun tidak mempunyai pemahaman dan mengikuti perkembangan teknologi sehingga menimbulkan asumsi ketidak siapan dalam mengikuti perkembangan sebaliknya, ada pribadi intelektual yang mampu menguasai dan menghadapi adanya perkembangan teknologi, namun dalam jiwanya tidak memiiliki dasar ilmu keagamaan yang baik. dikotomi antara ilmu agama dan umum yang  melahirkan dua   sistem pendidikan di Indonesia, yaitu lembaga pendidikan umum dan agama diantaranya Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengan Pertama (SMP) dan sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi Umum (PTU) sedangkan yang agama Raudhatul Athfal (RA) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Madrasah Tsanawiyah (MTS), Madrasah Aliyah (MA) dan Perguruan Tinggi Keislaman (PTKIS) baik swasta maupun negeri yang menimbulkan kesenjangan dalam pemerataan pendidikan dan segala dampak yang ditimbulkannya. oleh dikotomi  baik dari pengelolaan, bantuan atau bahkan program bantuan sarana dan prasarana sampai aplikasi data pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan. Muhaimin mengungkapkan bahwa lahirnya madrasah di Indonesia merupakan (1) Sebagai  pembaharuan sistem pendidikan Islam. (2) Penyempurnaan  sistem pendidikan di pesantren   yang sama menggunakan sekolah formal. (3) Pembiasaan perilaku mental (4). Sebagai solusi untuk menjembatani   sistem pendidikan tradisional di pesantren dan sistem pendidikan modern.Kata Kunci: Pendidikan dan dikotomi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

eltadib

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

El-Tadib adalah Jurnal Ilmiah Nasional Terbitan berkala di bidang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Madrasah, Pendidikan Pondok Pesantren, Sosiologi Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan Islami, Manajemen Pendidikan Islam dan Psikologi Pendidikan yang terbit secara berkala setiap tahunnya pada bulan ...