Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Anak Usia Dini

PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 5-6 TAHUN

Alvien Nafiul Andini (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)
Ahmad Nurul Mubin (MIN 1 Rembang)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2022

Abstract

This study uses a quantitative approach with a single experimental research type or single-subject research (SSR) and uses an A-B-A research design. The single-subject design focuses on individual data as the research sample. The subjects in this study were 2 students of group B Tk Al Hidayah Tegalrejo 02 Blitar in the 2021/2022 school year who were identified as not being able to recognize letters well. Data on the ability to recognize letters in the baseline phase and the intervention phase were obtained through observation. Data analysis uses a description of the picture obtained from graphic analysis by taking into account changes in levels or trends. The results of the study show that changes in levels or trends have increased. This shows that the provision of learning using flashcard media affects children's ability to recognize letters. Abstrak Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen tunggal atau single subject research (SSR) dan menggunakan desain penelitian A- B- A. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa kelompok B Tk Al Hidayah Tegalrejo 02 Blitar pada tahun ajaran 2021/ 2022 yang teridentifikasi belum mampu mengenal huruf dengan baik. Data kemampuan mengenal huruf fase baseline dan fase intervensi diperoleh melalui observasi. Analisa data menggunakan deskripsi gambaran yang diperoleh dari analisa grafik dengan memperhatikan perubahan level atau trend. Hasil penelitian menunjukkan perubahan level atau trend mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian pembelajaran menggunakan media flashcard mempengaruhi kemampuan anak dalam mengenal huruf.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpaui

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Anak Usia Dini adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang kajian anak usia dini, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun di bulan ...