cover
Contact Name
Kelik Desta Rahmanto
Contact Email
kelikdesta@uin-malang.ac.id
Phone
+6281249852956
Journal Mail Official
kelikdesta@uin-malang.ac.id
Editorial Address
Jl Gajayana 50 Kota Malang
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 28286146     DOI : https://doi.org/10.18860/jpaui.v1i1.1076
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini adalah sarana komunikasi dan publikasi ilmiah yang berasal dari hasil penelitian di bidang kajian anak usia dini, baik literatur (library research) maupun lapangan (field research), dengan berbagai pendekatan. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun di bulan Januari-Juni dan Juli-Desember. Bahasa yang digunakan adalah Indonesia dan Inggris.
Articles 32 Documents
Pegaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Guru di TK/RA Se-Kecamatan Cikedung Indramayu Jawa Barat Qudsiyyati, Dallia Hadhirotul
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jpaui.v1i2.886

Abstract

Kompetensi pedagogi guru secara singkat merupakan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran agar, diharapkan guru dapat merancang, mengelola dan menerapkan berbagai strategi pembelajaran yang dapat menarik dalam kinerja guru, tetapi fakta dilapangan dan hasil observasi menunjukan bahwa masih ada beberapa guru yang tidak menjalankan sebagai pendidik seperti tidak membuat perangkat pembelajaran sehingga memperngaruhi proses pembelajaran. Metode yang dilakukan menggunakan pendektan kauntitatif dengan teknik pengambilan data berupa angket yang dibagikan kepada 50 responden di 13 lembaga RA/TK di Kecamatan Cikedung Indramayu Jawa Barat, tetapi angket yang kembali hanya 48 karena 2 responden tidak mengisi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis yang diperoleh nilai rhitung>rtabel pada taraf signifikansi 0,05 (10,231>2,012) yang berarti bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik terdapa kinerja guru. Besarnya pengaruh pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru sebesar 68,6% selebihnya 31,4% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian.
METODE BERCERITA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEBERANIAN SISWA KELAS B DI RA AL MURTADHO KEDUNGWARU NGAWI In'amu Dzakiyyatul Jamilah
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jpaui.v1i1.895

Abstract

Courage is a character that can be formed by everyone.Good habits for character building in children are not enough to reach the family environment so that habits in the madrasa environment also need to be applied. One thing to note is in choosing the method given to children by using language that is easy to understand and the media used. This study uses a qualitative approach with the type of Classroom Action Research (CAR), which aims to find out how planning and the influence of the storytelling method in shaping the character of the courage of class B students at RA Al Murtadho Kedungwaru Ngawi. The number of subjects was 15 students who were students of class B RA Al Murtadho Kedungwaru Ngawi. Data obtained through observation, interviews, and evaluation. The result of this research shows that the has reached indicators in being brave and appearing confident when telling stories, showing a persistent and diligent attitude in learning, showing an honest and responsible attitude in answering teacher questions, and being able to show enthusiasm and enthusiasm in learning and playing. Abstrak Keberanian merupakan karakter yang dapat dibentuk oleh setiap orang. Pembiasaan baik untuk pembentukan karakter pada anak tidak cukup sampai pada lingkungan keluarga sehingga kebiasaan di lingkungan madrasah juga perlu diterapkan salah satu yang perlu diperhatikan adalah dalam memilih metode yang diberikan kepada anak dengan menggunakan bahasa yang mudah di pahami dan media yang digunakan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pengaruh metode bercerita dalam membentuk karakter keberanian siswa kelas B di RA Al Murtadho Kedungwaru Ngawi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan yang telah mencapai indikator dalam berani dan tampil percaya diri ketika bercerita, menunjukkan sikap gigih dan tekun dalam belajar, menunjukkan sikap jujur dan bertanggungjawab dalam menjawab pertanyaan guru, serta dapat menunjukkan sikap antusias dan semangat dalam belajar dan bermain.
PENGARUH MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 5-6 TAHUN Alvien Nafiul Andini; Ahmad Nurul Mubin
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jpaui.v1i1.1076

Abstract

This study uses a quantitative approach with a single experimental research type or single-subject research (SSR) and uses an A-B-A research design. The single-subject design focuses on individual data as the research sample. The subjects in this study were 2 students of group B Tk Al Hidayah Tegalrejo 02 Blitar in the 2021/2022 school year who were identified as not being able to recognize letters well. Data on the ability to recognize letters in the baseline phase and the intervention phase were obtained through observation. Data analysis uses a description of the picture obtained from graphic analysis by taking into account changes in levels or trends. The results of the study show that changes in levels or trends have increased. This shows that the provision of learning using flashcard media affects children's ability to recognize letters. Abstrak Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen tunggal atau single subject research (SSR) dan menggunakan desain penelitian A- B- A. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 siswa kelompok B Tk Al Hidayah Tegalrejo 02 Blitar pada tahun ajaran 2021/ 2022 yang teridentifikasi belum mampu mengenal huruf dengan baik. Data kemampuan mengenal huruf fase baseline dan fase intervensi diperoleh melalui observasi. Analisa data menggunakan deskripsi gambaran yang diperoleh dari analisa grafik dengan memperhatikan perubahan level atau trend. Hasil penelitian menunjukkan perubahan level atau trend mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa pemberian pembelajaran menggunakan media flashcard mempengaruhi kemampuan anak dalam mengenal huruf.
TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN DI MASA PANDEMI DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA DI TK ISLAM TERPADU AN-NUR KEBOMAS GRESIK Alvin Fatimatuz Zahro
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jpaui.v1i1.1077

Abstract

The responsibility of early childhood has different in each child, especially during the Covid-19 pandemic. One thing that makes responsibility different is parenting. The aims to determine the attitude of responsibility of children aged 5-6 years during the pandemic in terms of parenting patterns, as well as factors in instilling an attitude of responsibility in children. This research uses a qualitative approach with the type of case study research. The subjects of this study were 6 children with an age range of 5-6 years. Data were collected by using questionnaires, interviews, documentation and observation methods, then analyzed using Milles and Huberman analysis. The data from the research were tested for validity again by using triangulation. The results of the study can be concluded that the attitude of responsibility of children aged 5-6 years during the pandemic in terms of parenting patterns in the Integrated Islamic Kindergarten An-Nur Kebomas Gresik, namely 6 children studied got the results of 2 children with responsibilities already formed and 4 children starting formed. The type of parenting style shows that 4 parents apply democratic parenting, 1 parent applies authoritarian parenting and 1 parent uses permissive parenting. The support and obstacles experienced by parents are environmental factors, gadgets and the child's own factors. Abstrak Tanggung jawab anak usia dini mempunyai perbedaan pada setiap anak, apa lagi pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap tanggung jawab anak usia 5-6 tahun selama pandemi ditinjau dari pola asuh orang tua, juga faktor dalam menanamkan sikap tanggung jawab anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah 6 anak dengan rentang usia 5-6 tahun. Data dikumpulkan dengan metode angket, wawancara, dokumentasi dan observasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Milles dan Huberman. Data hasil penelitian diuji Kembali kebsahannya dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sikap tangggung jawab anak usia 5-6 tahun di masa pandemi ditinjau dari pola asuh orang tua di TK Islam Terpadu An-Nur Kebomas Gresik yaitu 6 anak yang diteliti mendapatkan hasil 2 anak dengan tanggung jawab sudah terbentuk dan 4 anak mulai terbentuk. Jenis pola asuh orang tua menunjukkan bahwa 4 orang tua menerapkan pola asuh demokratis, 1 orang tua menerapkan pola asuh otoriter dan 1 orang tua menggunakan pola asuh permisif. Dukungan dan hambatan yang di alami orang tua adalah faktor lingkungan, gadget dan faktor anak itu sendiri.
STRATEGI GURU MENSTIMULASI MOTORIK HALUS PADA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING ANAK KELOMPOK B DI TK KUSUMA MULIA I GADUNGAN KEDIRI Meyda Nur Rohmah
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jpaui.v1i1.1078

Abstract

The right fine motor stimulation will affect the good and bad of fine motor development in children. Ironically, the COVID-19 pandemic has had an impact on education. So that learning switches to using Blended learning. As an educator, the teacher has a role to choose the right strategy in stimulating children's fine motor skills in blended learning. The application of blended learning at Kusuma Mulia I kindergarten, Gadungan Kediri uses an enriched virtual model. The teacher strategy used is the Expository Learning Strategy which focuses on the delivery of teachers to students with a shift system or alternately, namely in one class the students will be divided into 2 groups. The strategy that the teacher at Kusuma Mulia I kindergarten, Gadungan Kediri chose to stimulate fine motor skills in blended learning was through writing, thickening and coloring activities. In the implementation of the stimulation found factors that affect the implementation process, namely internal and external factors. Internal factors include the child's emotions and the child's level of development. while external factors include parents, communication tools, learning media, children's study rooms, and teacher readiness. Abstrak Stimulasi motorik halus yang tepat akan mempengaruhi baik buruknya perkembangan motorik halus pada anak. Ironisnya, pandemi covid-19 memberikan dampak pada pendidikan. Sehingga pembelajaran beralih menggunakan pembelajaran Blended learning. Sebagai seorang pendidik, guru memiliki peran untuk memilih strategi yang tepat dalam menstimulasi motorik halus anak pada pembelajaran blended learning. Penerapan blended learning di TK Kusuma Mulia I Gadungan Kediri menggunakan model enriched virtual model. Strategi guru yang digunakan adalah Strategi Pembelajaran Ekspositori yang berfokus pada penyampaian guru kepada peserta didik dengan sistem shift atau bergantian yaitu dalam satu kelas peserta didik akan dibagi menjadi 2 kelompok. Strategi yang pilih guru di TK Kusuma Mulia I Gadungan Kediri untuk menstimulasi motorik halus pada pembelajaran blended learning adalah melalui kegiatan menulis, menebali dan mewarnai. Pada pelaksanaan stimulasi dijumpai faktor yang mempengaruhi proses pelaksanaan yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi emosi anak dan tingkat perkembangan anak. sedangkan faktor eksternal meliputi orang tua, alat komunikasi, media pembelajaran, ruang belajar anak, dan kesiapan guru.
PENGEMBANGAN MEDIA JEJAK KAKI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK KELOMPOK B DI RA TARBIYATUS SHIBYAN Nur Rohmatus Samawiyah
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Vol 1 No 1 (2022): Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jpaui.v1i1.1080

Abstract

The development of footprint media aims to: First, describe the process of developing footprint media to improve the kinesthetic intelligence of students at RA Tarbiyatus Shibyan, Pasuruan Regency. Second, explain the effectiveness of footprint media to improve the kinesthetic intelligence of students at RA Tarbiyatus Shibyan, Pasuruan Regency. This study uses Research and Development (RnD) approach also uses the Borg and Gall development model with eight development steps, namely: 1) potential and problems, 2) data collection, 3) product design, 4) design validation, 5) design revisions, 6) product trials, 7) product revisions, 8) usage trials. The results of this research are: 1) The process includes, a) pre-observation stage, b) design process stage, c) product manufacturing stage, d) product validation stage, e) product testing and revision stage. 2) In the analysis of the paired samples test, the results of the 2-tailed sig value of 0.00, which is less than 0.05, means that the footprint media is very effective in increasing the kinesthetic intelligence of students so that with the footprint media it can be used as one of the fun learning media to improve the kinesthetic intelligence of students. Abstrak Pengembangan media jejak kaki bertujuan untuk : Pertama, mendeskripsikan proses pengembangan media jejak kaki untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik peserta didik di RA Tarbiyatus Shibyan Kabupaten Pasuruan. Kedua, menjelaskan tingkat keefektifan media jejak kaki untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik peserta didik di RA Tarbiyatus Shibyan Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) dan dalam prosesnya peneliti menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan delapan langkah-langkah pengembangan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian. Pengembangan ini diperoleh hasil berupa : 1) Proses meliputi, a) tahap pra-observasi, b) tahap proses rancangan, c) tahap pembuatan produk, d) tahap validasi produk, e) tahap uji coba dan revisi produk. 2) Pada analisis uji paired samples test didapatkan hasil nilai sig 2-tailed sebesar 0,00 yaitu kurang dari 0,05 artinya media jejak kaki sangat efektif dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik peserta didik sehingga dengan adanya media jejak kaki dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik peserta didik.
School Readiness of Early Childhood Age 5-6 Years Based on The Nijmeegse Schoolbekwaamheid Test (NST) Fajariyah, Puja Nor
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jpaui.v1i2.1227

Abstract

School readiness is the achievement of children’s maturity in aspect of development which include physical and motor development, social emotional development, cognitive development, language and communication development, and motivation and work attitude so that they can continue their education to the elementary school level. This study aimed to know the school readiness of early childhood age 5-6 years based on the Nijmeegse Schoolbekwaamheid Test (NST). This study uses quantitative research using a survey method with a target of number 43 early childhood age 5-6 years from 3 different kindergartens of Malang. The instrument using in this study is the Nijmeegse Schoolbekwaamheid Test (NST) which the result test is divided into 3 stages of school readiness called mature, hesitant, and immature. The findings from this study are that early childhood age 5-6 years in Malang kindergartens have school readiness to continue to elementary school level based in the results of the the Nijmeegse Schoolbekwaamheid Test (NST).
STRATEGI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) DI KOTA MALANG Aprilia, Elok Firdaus
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jpaui.v1i2.2113

Abstract

Learning strategy is a design and activities carried out by teachers and students that include methods and resources to achieve learning objectives. The objectives of this study are to find out the teacher's strategy in the application of STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) learning and to find out the advantages and disadvantages of its application. This study used a qualitative approach with descriptive research. The subject of this study are three teachers in three early childhood education institutions in Malang, namely KB-TK Permata Iman 3, TK Al-Ghoniyya, and KB-TK Taman Harapan. The data was collected by using the interview method and strengthened with documentation. Data analysis in this study used the Miles and Huberman method. The validity of the research data was tested using triangulation of data sources. The abstract section of Jurnal Penelitian Anak Usia Dini article serves to briefly describe the content of the journal. For journal abstract, it turns out to be over 150 to 250 words which summarizes the focus and significance, methods, results, and conclusions. The writing that should be avoided in writing abstracts is the existence of abbreviations or quotes. Abstract must stand alone without footnotes. and it consists of one paragraph and typed in one space. The abstract is written using Palatino Linotype-10, flattened left and right and spacing between lines 1 space. The research findings conclude that strategy used by early childhood teachers in the application of STEM (science, technology, engineering, art, and mathematics) in Malang is an indirect strategy. The advantages of this learning are increased students' creativity and confidence, while the disadvantages of this learning require a lot of learning materials and media. Strategi pembelajaran merupakan rancangan dan kegiatan yang dilakukan oleh guru dan peserta didik yang mencakup metode dan sumber daya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi yang digunakan guru dalam menerapkan pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics), serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek penelitian ini yaitu 3 guru di 3 lembaga pendidikan anak usia dini di Kota Malang yaitu KB-TK Permata Iman 3, TK Al-Ghoniyya dan KB-TK Taman Harapan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan diperkuat dengan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Milles dan Huberman. Data penelitian diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru pendidikan anak usia dini dalam penerapan pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, and mathematics) di kota Malang menggunakan strategi tidak langsung. Kelebihan dari penerapan pembelajaran ini yaitu meningkatkan kreativitas dan meningkatkan percaya diri anak, sedangkan kekurangan dari pembelajaran ini yaitu memerlukan banyak bahan dan media pembelajaran.
PENGEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PENCAK SILAT DI PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE (PSHT) RANTING GUNUNG JATI KABUPATEN CIREBON ahdi, wafaul
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jpaui.v1i2.2114

Abstract

This study aims to determine how the socio-emotional development of early childhood through pencak silat in the Setia Hati Terate Brotherhood (PSHT) Ranting Gunung Jati, Cirebon Regency. This study uses a descriptive qualitative approach. The subjects of this study amounted to 9 children with an age range of 5-6 years. Data were collected by interview, observation, and documentation methods, then analyzed using Milles and Huberman analysis. The validity of the research data was re-tested by using source triangulation, technical triangulation, and time triangulation. The results of the study can be concluded that pencak silat activities in the Setia Hati Terate Brotherhood (PSHT) Branch Gunung Jati, Cirebon Regency have developed socio-emotional early childhood, this can be proven through the evaluation sheet that has been provided at the Setia Hati Terate Brotherhood Pencak silat (PSHT) Branch. Gunung Jati Cirebon Regency, and based on the results of interviews and observations of researchers. The results showed that the socio-emotional development of children at the pencak silat college had developed well in accordance with the Child Development Achievement Level Standard (STPPA) at their age. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan sosial-emosional anak usia dini melalui pencak silat di Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini berjumlah 9 anak dengan rentang usia 5-6 tahun. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman. Data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya dengan menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasannya kegiatan pencak silat di Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Gunung Jati Kabupaten Cirebon telah mengembangkan sosial-emosional anak usia dini hal tersebut dapat dibuktikan melalui lembar evaluasi yang telah disediakan di pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Ranting Gunung Jati Kabupaten Cirebon, dan berdasarkan hasil wawancara serta observasi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya perkembangan sosial-emosional anak di perguruan pencak silat tersebut sudah berkembang dengan baik sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) di usianya.
Analisis Nilai Moral Anak Usia Dini Dalam Film Nussa dan Rara Wahyuni, Lailatul Tri
Jurnal Penelitian Anak Usia Dini Vol 1 No 2 (2022): Jurnal Penelitian Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18860/jpaui.v1i2.2152

Abstract

This study uses a qualitative approach with the type of library research, which is carried out with library research in the form of notes or works, namely the animated film Nussa and Rara which is carried out by collecting data in a documentation manner with data analysts using content analysis which systematically examines information. which is obtained from the documentation in the form of an animated film sourced from youtube. This study aims to determine the moral values contained in the animated film Nussa and Rara which are in accordance with the Standards for the Level of Achievement of Child Development aged 4-5 years (STPPA) 2013 curriculum. that in the animated film Nussa and Rara there are moral values that are in accordance with the Standards for the Level of Achievement in the development of children aged 4-5 years and the animated film Nussa and Rara can be used as a medium for instilling early childhood morals in accordance with STPPA PAUD 2013 curriculum. ABSTRAK Penelitian ini mengunakan pendektan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (liberary research), yang mana dilakuakn dengan penelitian keputakaan berupa catatan atau hasil karya, yaitu film animasi Nussa dan Rara yang dilakukan dengan pengumpulan data secara dokumentasi dengan analis data mengunakan analisi isi yang menelaah secara sistematis informasi yang didapat dari domunemtasi berbentuk film animasi yang bersumber dari youtube Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai – nilai moral yang terdapat dalam film animasi Nussa dan Rara yang sesuai dengan Standat Tingkat Pencapaina Perkembangan Anak usia 4- 5 tahun (STPPA) kurikulum 2013.Hasil penelitian menunjukan bahwasanya dalam film animasi Nussa dan Rara terdapat nilai – nilai moral yang sesuai dengan Setandat Tingkat Pencapaina Perkembangan anak usia 4-5 tahun dan film animasi Nussa dan Rara dapat dijadikan media untuk menanamkan moral anak usia dini yang sesuai dengan STPPA PAUD kurikulum 2013.

Page 1 of 4 | Total Record : 32