IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol 1 No 1 (2016): Volume 01 No 1 2016

Pengaruh Penerapan Animasi Dengan Bahasa Isyarat Terhadap Motivasi Belajar Siswa Berkebutuhan Khusus Pada Mata Pelajaran Ipa Terpadu Di Smalb-B Karya Mulia Surabaya




Article Info

Publish Date
25 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif terhadap motivasi siswa pada penggunaan animasi dengan bahasa isyarat, maka peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan animasi pada standar kompetensi memahami kegunaan dan efek samping penggunaan bahan kimia yang bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas siswa kelas X SMALB-B Karya Mulia Surabaya. Diambil sampel sebanyak 2 kelas siswa kelas X SMALB-B Karya Mulia Surabaya. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh media digunakan teknik analisis data regresi linier sederhana. Animasi yang diimplementasikan adalah animasi 2 dimensi yang dibuat dengan aplikasi SAI Painttool kemudian dianimasikan dengan aplikasi anime studio 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi dengan kosntanta Y = 43,43 + 0,843 X. Persamaan tersebut mengindikasikan pengaruh animasi terhadap motivasi siswa cukup besar dengan presentase pengaruh variabel x terhadap y nilai R-Sq sebesar 32,5%. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif terhadap motivasi siswa pada penggunaaan animasi dengan bahasa isyarat.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...