IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol 1 No 3 (2016): Volume 01 No 3 2016

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X TKJ




Article Info

Publish Date
02 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Merancang dan menerapkan model pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran Perakitan Komputer kelas X TKJ SMK Negeri 3 Buduran (2) Mengetahui perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Blended Learning dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran Perakitan Komputer kelas X TKJ SMK Negeri 3 Buduran (3) Mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Blended Learning menggunakan media e-learning Moodle pada mata pelajaran Perakitan Komputer kelas X TKJ. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Tahap penelitian ini yaitu (1) Persiapan dan perencanaan (2) Penelitian (3) Penyajian hasil penelitian. Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, sedangkan untuk mengetahui respon siswa menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil validasi media pembelajaran mendapatkan nilai validitas sebesar 83,6% dengan kriteria sangat valid (2) Hasil validasi RPP mendapatkan nilai validitas sebesar 88,5% dengan kriteria sangat valid (3) Hasil validasi butir soal mendapatkan nilai validitas sebesar 88,8% dengan kriteria sangat valid (4) Hasil respon peserta didik tentang model pembelajaran Blended Learning menggunakan media e-learning Moodle memperoleh rata-rata rating sebesar 75,3% dikategorikan baik. Kata Kunci: pengaruh model pembelajaran, Blended Learning, aktivitas belajar siswa

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...