IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education
Vol 2 No 2 (2017): Volume 02 No 2 2017

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 3 BUDURAN




Article Info

Publish Date
09 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa media video pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui uji kelayakan hasil pengembangan media video pembelajaran untuk mata pelajaran sistem komputer. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X program teknik komputer dan jaringan pada mata pelajaran sistem komputer antara kelas yang menggunakan media video pembelajaran (kelas eksperimen) dengan tanpa menggunakan video pembelajaran (kelas kontrol). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Analisis data pada kedua kelas menggunakan Independent sampel t-test dengan metode two sample t-test. Hasil validasi yang diperoleh dari keempat validator adalah: validasi media video pembelajaran memperoleh persentase 95%, validasi konten materi memperoleh persentase 90.2%, validasi RPP memperoleh persentase 89.2%, validasi soal tes memperoleh persentase 88.9%. Berdasarkan semua hasil validasi tersebut, maka dapat dikategorikan sangat valid digunakan untuk proses pembelajaran pada mata pelajaran sistem komputer. Hasil analisis belajar siswa pada kelas kontrol memperoleh rata-rata 83.67 sedangkan kelas eksperimen adalah 85.71. Dari hasil uji two sample t-test didapatkan P-Value 0.030 dimana 0.030 lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian disimpulkan bahwa uji hipotesis menerima H1 atau terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata Kunci: Media video pembelajaran, R&D, hasil validasi dan hasil belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

it-edu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

IT-Edu merupakan jurnal yang berisi kajian tentang pengembangan dan penerapan teknologi pembelajaran yang didukung dengan teknologi informasi bidang ilmu Rekayasa Perangkat Lunak dan Game serta Jaringan ...